Yayasan Dimensi Genjot UMKM Bogor di Tengah Pandemi, Beri Bantuan Pinjaman tanpa Bunga

by -

METROPOLITAN – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, beragam upaya dilakukan beberapa pihak untuk meng­genjot perekonomian warga, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satunya Yayasan Dimen­si yang memberikan Bantuan Pinjaman Modal Tanpa Bunga (BPMTB) untuk pelaku UMKM di Bogor.

Tak kurang dari tujuh pene­rima bantuan UMKM asal Ke­camatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, disokong pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan usaha. Dalam aksi sosial yang diberikan langs­ung Ketua Yayasan Dimensi Menhefari, Pelindung Yayasan Dimensi Brigjen TNI Arka­melvi Karmani dan Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Wientor Rah Mada di peruma­han De Botanica, Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, baru-baru ini.

Baca Juga  Dedie Minta Dinas UMKM Bina PKL

Ketua Yayasan Dimensi Men­hefari mengatakan, dengan bantuan pinjaman tanpa bunga ini pihaknya ingin berkontri­busi kepada masyarakat dan membantu UMKM agar lebih berkembang.

Program bantuan ini sudah berjalan dua tahun, dimana dalam program ini penerima bantuan tidak pernah ada yang telat bayar angsuran. ”Seratus persen sukses. Dan setelah di-review, usahanya semakin maju dan perkembangan ke­majuannya juga signifikan,” katanya.

Ia menjabarkan, besaran pinjaman yang diberikan Yayasan Dimensi jumlahnya beragam. Mulai dari Rp1,5 sampai Rp7 juta. Hingga kini, jelasnya, ada sebelas UMKM di Kota dan Kabupaten Bogor memiliki pinjaman di Yayasan Dimensi ini. Selain itu, pihaknya juga mempunyai program so­sial lain seperti program anak asuh, bantu gaji guru, dan ke­giatan sosial lainnya.

Baca Juga  UMKM Jadi Ikon Desa Tegal

Sementara itu, Pelindung Yayasan Dimensi Brigjen TNI Arkamelvi Karmani menutur­kan, Yayasan Dimensi ini merupakan inisiator dalam membantu masyarakat dengan pinjaman tanpa bunga. Ia pun berharap ada perusahaan lain yang memiliki program se­perti Yayasan Dimensi, se­hingga tidak ada UMKM memin­jam ke renternir dengan bunga cukup besar.

”Tujuan kita kan saling mem­bantu. Apalagi di masa pan­demi ini sangat sulit mencari uang. Makanya kita berikan bantuan kepada UMKM yang sudah berjalan, sehingga me­reka tahu marketnya di mana, sehingga usaha mereka bisa berkembang lagi dan masyara­kat bisa terbantu,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Direk­tur Bisnis dan Pemasaran Smesco Wientor Rah Mada yang menghadiri pemberian ban­tuan tersebut mengapresiasi Yayasan Dimensi yang mem­berikan bantuan pinjaman kepada UMKM tanpa bunga. Ia berharap Yayasan Dimensi menjadi contoh komunitas-komunitas lain dapat menolong UMKM, sehingga UMKM bisa naik kelas.

Baca Juga  Tingkatkan Kemajuan Masyarakat Desa

”Sekarang bukan saatnya lagi pemerintah merasa paling tahu, kami di semsco adalah terus berhubungan dengan komunitas. Salah satunya dengan Yayasan Dimensi, kami sering berdiskusi dengan Yayasan Dimensi yang akhirnya membuahkan hasil seperti Kemeterian Koperasi dan UMKM melarang 13 kategori produk untuk masuk ke Indo­nesia,” tuturnya.

Pihaknya saat ini terus men­dekatkan diri kepada komuni­tas dan UMKM agar pelaku usaha kecil semakin maju ke depannya. (ryn/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *