10 Bus BTS Ngaspal Besok di Bogor, Bima Arya Musnahkan Puluhan Angkot

by -
Wali Kota Bogor Bima Arya menyaksikan pengurangan angkot yang bakal di ganti BISKITA Trans Pakuan mulai 2 November. (IST)

METROPOLITAN.id – Bus program Buy The Service (BTS) makin dekat ngaspal di Kota Bogor. Tak kurang dari 30 unit angkot Kota Bogor berbagai jurusan dihancurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di kawasan GOR Pajajaran, Kecamatan Tanahsareal, Senin (1/11).

Dihancurkannya 30 unit angkot itu pun memastikan 10 unit moda transportasi masal BISKITA Trans Pakuan yang direncanakan bakal ngaspal besok (2/11). Sebagai perpanjangan dari kebijakan konversi 3 angkot menjadi 1 bus melalui program BTS besutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan Pemkot Bogor.

Rencananya 10 unit BISKITA Trans Pakuan bakal diujicoba di koridor 5, tanpa biaya alias penumpang bisa menikmati layanan secara gratis hingga akhir tahun 2021.

Baca Juga  Pembangunan Masjid Agung Disetop Sejak 9 Maret

“Inti dari program ini adalah mengurangi angkot, secara bertahap. Karena ingin mengurangi angkot, maka bus-bus yang hadir di Kota Bogor, ngaspal di berbagai koridor Kota bogor, harus dipastikan mengganti angkot. Jangan sampai bus-nya masuk, angkot-nya masih jalan,” kata Bima Arya, Senin (1/11).

Ia pun tidak ingin ada main-main dalam program ini dan ingin memastikan angkot yang dikonversi tidak lagi narik di jalanan Kota Bogor.

“Saya tidak mau ada akal-akalan, karena sekali lagit tujuannya targetnya mengurangi angkot,” imbuhnya.

Ia juga mengaku punya solusi bagi para sopir yang angkotnya kena konversi dan akan dilibatkan dalam tim operasional BISKITA Trans Pakuan yang dibuat di Karoseri Laksana, Semarang itu.

Baca Juga  Bima Arya Beri Sinyal Sekolah di Bogor Bisa Belajar Tatap Muka

Meskipun, kata Bima, tetap akan ada pelatihan, seleksi dan persyaratan bagi eks sopir angkot yang ingin jadi pengemudi BISKITA Trans pakuan ini.

“Bagaimana pengemudinya? ini juga yang dari awal kita rencanakan. Semua sopir angkot yang dikonversi, akan direktrut dalam tim BISKITA Trans Pakuan. Tapi memang ada proses, pelatihan dan seleksi, ada syaratnya. (Misalnya) SIM-nya B1, lalu ada syarat usia dan pendidikan,” tegas Bima Arya.

Politisi PAN itu juga memastikan bahwa Selasa (2/11) akan beroperasi 10 bus di koridor lima, untuk secara bertahap 49 bus. Bima melanjutkan, sebanyak 10 bus menggantikan 30 angkot yang datanya dianggap jelas ada di Dinas Perhubungan (Dishub Kota Bogor).

Baca Juga  Bima Arya: 90 Persen Pasien Covid-19 merupakan OTG

“Ya, untuk angkot ini ada yang diplat hitamkan, sehingga tidak boleh beroperasi lagi. Ada juga yang dibesi tuakan seperti ini,” paparnya,

Intinya, kata dia, tidak ada lagi angkot yang beroperasi. Dari 147 angkot yang didata, nanti total yang direduksi akan semakin banyak sampai tahun 2024.

“Sehingga targetnya semakin sedikit angkot yang beroperasi ditengah kota,” tutup Bima Arya. (ryn)

One thought on “10 Bus BTS Ngaspal Besok di Bogor, Bima Arya Musnahkan Puluhan Angkot

Leave a Reply

Your email address will not be published.