44 Ribu Guru PAI Non-PNS Dapat Cairkan Insentif

by -

METROPOLITAN – Direkto­rat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) mulai mencairkan bantuan insentif bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Non-Pegawai Negeri Sipil (PNS). Total anggaran insentif sebesar Rp66 miliar bagi 44.000 guru PAI non-PNS seluruh Indonesia.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, men­gatakan, bantuan insentif merupakan tambahan peng­hasilan yang diberikan ke­pada guru PAI non-PNS pada sekolah yang belum terserti­fikasi dan belum mendapatkan tunjangan profesi guru. “Ban­tuan insentif bagi guru PAI non-PNS merupakan afir­masi Kemenag bagi kesejah­teraan guru PAI di sekolah,” ungkap Menag dikutip, Kamis (18/11).

Menag berharap bantuan insentif ini akan memotivasi guru PAI non-PNS untuk be­kerja lebih baik dalam mening­katkan mutu pendidikan.

Baca Juga  Mengenal Sepak Terjang Rena DA Frina, Lurah Yang Hobi Blusukan Sempat Diragukan, Kini Jadi Primadona

Sementara itu, Direktur Jen­deral Pendidikan Islam, Mu­hammad Ali Ramdhani, me­nambahkan, anggaran Rp66 miliar diperuntukkan bagi 44.000 guru PAI non-PNS pada SD, SMP, SMA/SMK serta SLB di semua tingkatan. “Masing-masing akan menda­patkan Rp1,5 juta dipotong pajak. Insentif ini akan dikirim ke rekening masing-masing,” terangnya.

“Tidak dibenarkan adanya pengurangan, pemotongan atau pungutan dengan alasan apa pun, dalam bentuk apa pun dan oleh pihak mana pun, kecuali pajak sesuai ketentuan yang berlaku dan atau biaya transfer antarbank,” sambung­nya.

Ramdhani menambahkan, insentif tahun anggaran 2021 diberikan kepada guru PAI non-PNS yang memenuhi syarat sebagai penerima dengan ditetapkan melalui aplikasi Sistem Informasi dan Admi­nistrasi Guru Agama (Siaga) berdasarkan urutan prioritas.

Baca Juga  4.196 Orang Berebut Jadi PNS Pemkot Bogor, Bertarung Menjadi Pegawai

“Guru yang telah lama mengabdi menjadi salah satu prioritas. Guru yang memiliki kualifikasi pendidikan juga menjadi pertimbangan untuk menjadi skala prioritas,” pung­kasnya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *