5 Tips Membuat Kitchen Set Apartemen Studio yang Menawan

by -

METROPOLITAN.ID – Apartemen tipe studio menjadi salah satu pilihan favorit bagi orang-orang yang tinggal sendiri. Biasanya, tipe apartemen studio memiliki luas ruangan yang tidak terlalu besar dengan konsep terbuka atau open plan antar setiap ruangannya, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.

Karena itulah, para pemilik apartemen studio perlu memperhatikan desain ruangannya dengan baik, khususnya pada area dapur. Umumnya, kitchen set untuk apartemen studio harus memiliki desain yang sederhana dan cantik, serta tidak membuat ruangan terlihat sesak.

Biar tidak salah pilih, simak beberapa tips membuat kitchen set apartemen studio yang menawan berikut ini.

Ukur luas dapur terlebih dahulu

Pada apartemen studio, dapur Anda harus berbagi tempat dengan ruangan lainnya. Nah, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengukur luas dapur. Jadinya, Anda bisa mengetahui perkiraan ukuran kitchen set yang dibutuhkan.

Perhatikan juga jarak antara dapur dengan ruangan lainnya. Jangan sampai Anda membuat bagian dapur yang terlalu besar sehingga membuat apartemen Anda jadi sempit.

Baca Juga  Kota Bogor Laksanakan Vaksin Booster, Dedie Rachim : Lebih Kerasa Pegal

Atur Layout yang Tepat

Biasanya, kitchen set sudah memiliki tempat khusus untuk meletakkan kompor, sink, microwave, tabung gas, bahkan kulkas. Agar lebih lega dan tertata dengan baik, pastikan Anda mengatur posisinya dengan tepat.

Jangan lupa siapkan tempat untuk meletakkan hexos atau exhaust fan agar dapat menyedot udara saat Anda masak dan membuangnya ke luar apartemen. Selain itu, pastikan Anda mengatur instalasi listrik di kitchen set dengan baik untuk mempermudah penggunaan peralatan elektronik di dapur.

Gunakan Warna-warna Netral

Penggunaan warna yang tepat juga menjadi salah satu aspek penting dalam membuat kitchen set, loh. Untuk apartemen studio, hindari menggunakan terlalu banyak warna, khususnya tone warna yang bold, karena dapat membuat apartemen menjadi terlihat sangat sempit. Lebih baik pilih warna netral, seperti putih, cream, atau coklat muda untuk membuat dapur terlihat lebih luas dan bersih.

Baca Juga  Harus Belanja di BUMDes, KTP Penerima Bansos Desa Sukamantri Ditahan?

Maksimalkan Fungsi dari Kabinet

Dengan dapur yang kecil, tentunya Anda harus dapat memaksimalkan fungsi dari setiap kabinet pada kitchen set agar dapat menampung seluruh perlengkapan dapur. Anda dapat membuat kabinet khusus yang memiliki sekat-sekat untuk meletakkan peralatan makan, seperti sendok, garpu, piring, gelas, dan lain-lain.

Sedangkan untuk bagian sudut kabinet yang seringkali tidak digunakan karena sulit dijangkau, bisa Anda letakkan rak sudut. Nah, rak tersebut dapat menjadi tempat untuk menyimpan peralatan masak atau bumbu dapur.

Pilih model dan Bahan yang Mudah Dibersihkan

Kitchen set akan selalu berhubungan dengan air dan api sehingga Anda harus memilih bahan yang tahan air dan panas. Walaupun begitu, kayu seringkali menjadi bahan favorit dalam pembuatan kitchen set.

Jika ingin menggunakan kayu, pastikan Anda memilih yang sudah memiliki lapisan pelindung agar kitchen set dapat lebih tahan lama. Anda dapat memilih kayu jenis plywood, kayu solid, atau blockboard. Selain bahan kayu, Anda juga dapat memilih bahan aluminium atau stainless agar lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga  Mulai Besok, PTM di SMA se-Kota Bogor Dihentikan, Siswa Dipaksa Belajar Online

Nah, itu dia lima tips yang dapat Anda terapkan saat memilih kitchen set di apartemen studio. Pastikan tampilan dapur apartemen Anda terlihat menawan dengan kitchen set yang cantik agar momen masak pun jadi lebih menyenangkan.

Tidak perlu bingung untuk menemukan berbagai kitchen set dengan desain menarik dan kualitas karena Anda bisa mendapatkannya hanya di Ruparupa.com. Selain menjual kitchen set, di situs ini juga terdapat berbagai peralatan dapur terbaik dari merek ternama, seperti Ace Hardware dan Informa. Salah satu keuntungan belanja di Ruparupa adalah Anda dapat memperoleh berbagai penawaran dan promo menarik, loh. Yuk, belanja sekarang! (net/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.