Ardina Rasti Bangga Nama R.M Tirto Adhi Soerjo Dinobatkan Sebagai Nama Jalan di Bogor, Apa Hubungannya?

by -

METROPOLITAN.id – Artis peran, Ardina Rasti mengaku bangga nama R.M Tirto Adhi Soerjo dinobatkan sebagai nama jalan di salah satu wilayah yang ada di Kota Bogor.

 

Musababnya, R.M Tirto Adhi Soerjo yang sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional atau dikenal sebagai pejuang pena dan sosok Pelopor Pers Nasional (Pribumi) itu merupakan eyang buyutnya.

 

“Tentu bangga. R.M Tirto Adhi Soerjo merupakan eyang dari ayah saya. Eyang buyut tepatnya, kalau saya cicitnya,” kata pemilik nama lengkap R.A Ardina Rasti Widiani usai menghadiri acara peresmian Jalan R.M Tirto Adhi Soerjo menggantikan nama Jalan Kesehatan yang berlokasi di Kelurahan Tanahsareal, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, Rabu (10/11).

 

Menurut Ardina Rasti, tidak salah jika Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menobatkan R.M Tirto Adhi Soerjo sebagai nama jalan di wilayahnya. Apalagi penobatan ini dilakukan di Hari Pahlawan.

Baca Juga  Polisi Amankan 4 Remaja Bogor Pelaku Begal Sadis, Salah Satunya Perempuan

 

Sebab, berdasarkan catatan sejarah, eyang buyutnya ini merupakan salah satu bapak Pers Indonesia, yang benar-benar vokal akan perjuangan kemerdekaan tanah air ini.

 

“Eyang Tirto itu disebut bapak Pers Indonesia karena beliau yang pertama kali dan benar-benar vokal akan perjuangan Indonesia dan melawan penjajah dengan membuat koran, melalui tulisan-tulisannya,” ucapnya.

 

“Saya yang akhirnya bekerja di dunia entertainment (juga) jadi jauh lebih menghargai tentang pers juga, karena dengan kata-kata, vokal dan verbal itu juga salah satu bentuk perjuangan kita,” imbuh Ardina Rasti.

 

“Makanya saya menghargai banget teman-teman pers yang memang menuliskan banyak ilmu pada tulisannya, itu bentuk perjuangan juga,” sambungnya.

 

Disinggung sejak kapan mengetahui

masih keturunan dari R.M Tirto Adhi Soerjo, Ardina Rasti mengaku sudah mengetahuinya sejak duduk di bangku SD. Karena, setiap kumpul keluarga besar pun, keluarga yang lebih dewasa selalu mengajari tentang perjuangan yang dilakukan eyang buyutnya tersebut.

Baca Juga  Kekeruhan Air Baku Tinggi Bikin Layanan Zona 7 Sering Terganggu, Perumda Tirta Pakuan Lakukan 3 Langkah Ini

 

“Dari aku masih kecil, SD. (Selalu diingatkan) bahwa kamu harus bangga karena kakek buyut kamu adalah salah satu pejuang di Indonesia ini, dan kebetulan aku suka sekali sejarah jadi aku selalu menghormati sepak terjangnya eyang dan pejuang lainnya,” tandasnya.

 

Diketahui, mungkin sebagian masyarakat Indonesia, terkhususnya Kota Bogor masih awam dengan sosok bernama R.M Tirto Adhi Soerjo.

 

Sosok yang sudah tiada sejak tahun 1918 silam ini mendadak jadi perbincangan publik setelah Pemkot Bogor mengusulkan namanya diabadikan di salah satu jalan yang ada di Kota Bogor.

 

R.M Tirto Adhi Soerjo sendiri direncanakan akan menggantikan nama Jalan Kesehatan yang berlokasi di Kelurahan Tanahsareal, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

Baca Juga  Nggak Sensitif, Atty Somaddikarya Sepakat dengan Puan Minta Permenaker JHT Ditinjau Ulang

 

Perubahan nama ini dijadwalkan akan dilaksakanan pada Rabu (10/11), bertepatan dengan Hari Pahlawan. Lantas, siapa R.M Tirto Adhi Soerjo itu? Berikut ulasannya:

 

R.M Tirto Adhi Soerjo sendiri merupakan warga kelahiran Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Beliau lahir sejak tahun 1880.

 

Semasa hidupnya, R.M Tirto Adhi Soerjo dikenal sebagai pejuang pena atau sosok Pelopor Pers Nasional (Pribumi).

 

Melalui tangan dinginnya, beliau disebut pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, politik atau dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Perjuangan yang dilakukan R.M Tirto Adhi Soerjo memang berbeda dengan pejuang lainnya. Perjuangan beliau tidak dilakukan dengan mengangkat senjata, melainkan dengan pena yang menghasilkan tulisan-tulisan kritis terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi bangsanya. (rez) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.