ASN Bogor Digembleng Bimtek Aplikasi Pengadaan

by -

METROPOLITAN.id – ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor digembleng bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor di Rizen Padjadjaran Hotel, belum lama ini.

Para ASN di lingkungan Pemkot Bogor yang mendapat bimtek yakni admin SIRUP Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Syarifah Sofiah.

“Bimtek ini bagi perangkat daerah yang pesertanya kami sebut admin SIRUP PA KPA. Hadir juga narasumber dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah),” kata Kepala Bagian PBJ Henny Nurliani.

Pada bimtek ini, sambung dia, peserta diberikan penjelasan teknis aplikasi dan pelatihan melakukan input Rencana Umum Pengadaan (RUP) ke dalam SIRUP. Sistem ini merupakan kebijakan yang diterapkan pada 2021.

Baca Juga  Melihat ke Dalam Kota Biru Maroko

Ia menambahkan, tahun ini ada mekanisme berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana tahun ini data yang input di SIRUP diambil dari Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Sebelumnya masih manual dan sekarang kebijakannya seperti itu,” paparnya.

Selain itu, kata Henny, sekarang ini yang input ke dalam aplikasi dilakukan admin SIRUP setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tidak lagi semuanya oleh PBJ.

“Dulu tahun 2019 waktu SIMRAL (Simtem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan, red), kami admin di PBJ untuk se-Kota Bogor, tapi sekarang masing-masing perangkat daerah,” ungkapnya.

Pihaknya juga siap memberi pendampingan lebih lanjut bagi admin SIRUP yang masih menemui kendala. Termasuk nanti melaksanaan bimtek bagi admin SIRUP yang ada di 68 kelurahan se-Kota Bogor.

Baca Juga  Ini Maknanya Kamasean Acungkan Empat Jari Usai Nyoblos

“Betul, kalau nanti tindaklanjut dari ini masih ada perangkat daerah yang ada kendala, kami dampingi. Ini kelurahan juga belum, nanti difasilitasi kecamatan kami datangi melaksanakan bimtek,” tutup Henny. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *