Bupati Minta Perangkat Daerah Percepat Program dan Serapan Anggaran

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin didampingi Wakil Bupati Bogor Iwan Se­tiawan menggelar rapat ko­ordinasi bersama seluruh kepala perangkat daerah se-Kabupaten Bogor untuk membahas progres pembangunan dan mengeva­luasi penyerapan anggaran tahun 2021 di Auditorium Bappenda Kabupaten Bogor, Rabu (17/11).

Bupati Bogor Ade Yasin me­minta seluruh kepala perang­kat daerah segera melakukan percepatan realisasi program/kegiatan dan daya serap ang­garan.

Ia juga meminta para ke­pala perangkat daerah fokus terhadap realisasi anggaran dan pengawalan ketat ter­hadap program prioritas, juga lima program prioritas Pancakarsa, serta mengeva­luasi beberapa indikator.

“Pencapaian indikator itu harus efektif, karena indika­tor kinerja utama bupati ada­lah indikator kinerja pemerin­tah daerah. Perhatikan sejauh mana pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bupati dan IKU perangkat daerah, karena IKU ini jadi penilaian utama kinerja pemda oleh pemerintah pusat,” terang Ade Yasin.

Baca Juga  4 Tips Hemat Belanja Bulanan

Menurutnya, sudah ada beberapa perbaikan seperti Laju Pertumbuhan Ekonomi sudah ada peningkatan dari minus 1,77% pada 2020, se­karang naik 5,25 % menjadi 3,48%. Begitu juga dengan tingkat pengangguran men­galami penurunan dari 14,22% kini menjadi 12,22%, untuk IPM juga mengalami kenaikan yang sebelumnya di 2020 di angka 70,40 saat ini menjadi 70,48.

“Ini berita cukup menggem­birakan, untuk penurunan angka pengangguran berkat program yang kita lakukan di masa pandemi ini. Se­perti program Samisade yang di dalamnya terdapat padat karya, pemberian bansos kepada PKH, dan pembi­naan wirausaha baru serta UMKM. Alhamdulillah ting­kat penganggurannya juga turun. Ini data real berdasar­kan data dari BPS,” jelas Ade Yasin.

Ia meminta seluruh perang­kat daerah segera menyiap­kan capaian kinerja dan ca­paian indikator program/kegiatan 2021 sebagai bahan publikasi kinerja yang akan dilaksanakan akhir Desember 2021.

Baca Juga  Gelontorkan Anggaran Rp250 Miliar, Bogor Fokus Percantik Kawasan Cibinong Raya

“Bagaimana program/ke­giatan tahun 2021 ini, sudah selesai sampai di mana, be­rapa persentasenya, baik dalam pekerjaan dan pelaks­anaannya,” ujarnya.

Ia menyatakan berkaitan dengan rencana program prioritas 2022 harus mem­prioritaskan program-program penting dan urgent yang mendahulukan kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kita harus melihat urgen­sinya di masa pandemi Co­vid-19 ini. Mana yang harus kita dahulukan. Sektor kese­hatan mana yang harus di­dahulukan. Kemudian sektor infrastruktur dan pelayanan mana yang harus kita dahu­lukan. Karena ini dinilai oleh masyarakat,” terangnya.

“Untuk itu, saya nanti akan melihat dan menyurvei indeks kepuasan masyarakat Kabu­paten Bogor. Salah satunya yaitu bagaimana kita mampu membuat program yang ber­hubungan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Ia juga mengimbau seluruh perangkat daerah segera me­nyelesaikan kegiatan pembangunan fasilitas publik mulai dari sektor kesehatan, infrastruktur jalan, jembatan dan taman, pendidikan, serta pengawasan peman­faatan dana Samisade di la­pangan. “Progresnya harus terus dilaporkan,” imbuhnya.

Baca Juga  Satu Saura Sah Dibanderol Rp 1.000

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, rakor ini dila­kukan sebagai sarana mem­bahas evaluasi program ke­giatan serta serapan angga­ran jelang akhir masa ang­garan 2021.

”Memang di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini kita tidak terlalu fokus pada ke­giatan. Tapi tetap di akhir tahun anggaran ini kita tetap harus menyelesaikan program kegiatan sesuai dengan yang direncanakan di awal 2021,” tambah Iwan.

Melalui rakor itu, Iwan ber­sama bupati Bogor ingin mengetahui pertanggungja­waban seluruh perangkat daerah jelang akhir 2021. Juga ingin mengevaluasi be­rapa persentase belanja mau­pun target pendapatan.

”Saya optimis semua bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang sudah dibe­rikan dengan tepat waktu dan sesuai dengan target,” pung­kasnya. (*/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *