Capaian Vaksinasi Kabupaten Bogor Tembus 50,5 Persen, Dua Juta Orang Sudah Divaksin

by -
Bupati Bogor Ade Yasin

METROPOLITAN.id – Di saat beberapa daerah lain di wilayah aglomerasi Jabodetabek sudah mulai turun level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kabupaten Bogor masih ditetapkan berada di PPKM Level 3.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun dipaksa kerja keras agar bisa turun level seperti daerah lain, diantaranya percepatan vaksinasi.

Dari data Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor hingga Selasa (2/11), capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Bogor sudah tembus 2,1 juta dosis atau setara 50,5 persen dari target. Pemerintah pusat sendiri menargetkan Kabupaten Bogor bisa melaksanakan vaksinasi sebanyak 4.225.790 orang hingga Desember mendatang.

Rinciannya, hingga 2 November capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 2.135.630 orang atau setara 50,54 persen dari target. Sedangkan capaian dosis kedua berjumlah 1.403.332 atau setara 33,2 dari target. Selain itu, capaian dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 11.896 orang atau setara 90,57.

Baca Juga  Sebelum Ambruk, SDN Ciheuleut Sudah Minta Perbaikan Kelas

Jika ditotal, vaksinasi Kabupaten Bogor sudah tercapai 3.550.858 dosis.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan bahwa vaksinasi di Kabupaten Bogor terkendala wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang mencapai 5,4 juta jiwa atau setara 11,24 persen penduduk Jawa.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, sambung dia, Kabupaten Bogor memiliki target vaksinasi terbanyak di tingkat daerah, yakni 4,2 juta jiwa atau 8,5 juta dosis vaksin. Tak cuma itu, Kabupaten Bogor juga alami keterbatasan tenaga kesehatan (nakes) untuk menjangkau pelosok-pelosok desa.

“Jumlah penduduk kami terbanyak se-Indonesia, selain itu wilayahnya pun sangat luas. Masih ada warga kami yang harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer hingga 4 kilometer dari dusun untuk menjangkau lokasi vaksinasi. Baik itu di kantor desa maupun kecamatan,” ungkap Ade Yasin.

Baca Juga  Pelatih Fisik Persib Jaga Kebugaran Pemain

Menurutnya, ketersediaan vaksin di Kabupaten Bogor masih mencukupi. Hanya saja ada kendala berkaitan dengan kesulitan jangkauan karena luas wilayah. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.