Damkar Kota Bogor dan P2K3 BTM Latihan Bersama di Gedung Tinggi

by -

METROPOLITAN – Pema­dam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor bersama Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Bo­gor Trade Mall (BTM) Kota Bogor melakukan pelatihan evakuasi penyelamatan di gedung BTM Kota Bogor, Kamis (25/11). Hal tersebut dilakukan untuk melatih eva­kuasi korban kebakaran dan non-kebakaran pada gedung tinggi (vertical rescue).

Sebanyak 40 personel Dam­kar Kota Bogor dan P2K3 diberikan berbagai materi mengenai cara penyelamatan korban kebakaran pada ge­dung tinggi.

Kepala Bidang (Kabid) Dam­kar Kota Bogor, Mochamad Ade Nugraha, menjelaskan, pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan petugas P2K3 dalam antisipasi kejadian kebakaran.

”Hal itu untuk meningkat­kan kesiap-siagaan petugas P2K3 intern Mall BTM dan seluruh petugas Damkar da­lam antisipasi setiap keja­dian kebakaran, terutama pada gedung atau bangunan tinggi,” tutur Ade saat dihu­bungi Metropolitan, Minggu (28/11).

Baca Juga  Perda KTR Mandul

Menurutnya, datangnya bencana kebakaran bisa ter­jadi di mana saja, termasuk di gedung tinggi yang me­merlukan penanganan ber­beda dari bangunan rendah pada umumnya. ”Bencana kebakaran tidak bisa dipre­diksi, yang harus kita lakukan adalah antisipasi. Pelatihan ini bentuk antisipasi kita da­lam menangani bencana kebakaran,” sambungnya.

Selain evakuasi melalui tangga darurat, dalam pela­tihan itu juga ada evakuasi dan penyelamatan yang dila­kukan di luar gedung dengan mobil tangga dan pengapli­kasian vertical rescue oleh Damkar Kota Bogor dan P2K3 BTM Bogor. (far/c/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *