Dedie A Rachim Berharap Biskita Transpakuan Gratis hingga Akhir 2022

by -

METROPOLITAN – Biskita Transpakuan yang mengaspal di Koridor 5 Stasiun Bogor-Ciparigi, Kota Bogor, diputuskan gratis bagi penumpang alias tidak bertarif hingga akhir 2022. Alhasil, animo masyarakat pun membeludak. Sepekan pertama sejak mengaspal pada 2 November, Biskita Transpakuan sudah dimanfaatkan sekitar 10.977 penumpang.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah merayu pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) agar kebijakan tarif gratis bisa diperpanjang hingga pertengahan 2022. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.

Menurutnya, Pemkot Bogor meminta subsidi Biskita Transpakuan melalui Program Buy The Service (BTS) bisa diperpanjang hingga semester pertama, yakni Juni 2022. Sehingga masyarakat bisa menikmati layanan gratis Biskita Transpakuan lebih lama. Meski begitu, hal itu masih dibicarakan dengan pemerintah pusat melalui BPTJ.

Baca Juga  Angkot Minggir, Biskita Mau Lewat!

“Syukur-syukur bisa satu tahun. Sampai akhir 2022 juga masih bisa gratis. Tapi perlu pembicaraan pengalokasian dari pusat. Yang penting yang kita bicarakan lainnya yakni soal aktivasi koridor yang lain,” katanya.

Tak hanya itu, Pemkot Bogor juga tengah meminta diskon atau potongan tarif untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri hingga pelajar jika nanti Biskita Transpakuan mulai ditarif pada awal 2022. Rencananya, program tersebut diterapkan pada ASN, TNI-Polri, mahasiswa hingga pelajar dengan maksud menarik minat penumpang.

“Program BTS ini diharapkan menarik banyak minat penumpang. Nah, pelajar, mahasiswa, ASN, TNI, Polri mungkin akan mendapat tarif khusus,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPTJ Polana B Pramesti, mengatakan, tarif sementara untuk Biskita Trans Pakuan di Kota Bogor masih 0 alias gratis sampai akhir 2021. Untuk perkiraan tarif, pihaknya masih mengkaji berapa nilai yang pas untuk ongkos bus yang dibuat di Karoseri Laksana, Semarang itu. Sebab, nanti skema pembayaran akan sama seperti bus Transjakarta yang ngaspal di ibu kota DKI Jakarta. Artinya, ongkos akan berbentuk tiket terintegrasi satu kali bayar untuk semua koridor

Baca Juga  Biskita Gratis Diserbu Penumpang Di Halte St Bogor, Nunggu Tiga Bus, Baru Bisa Naik

“Tarif sementara masih 0. Tiketnya nanti terintegrasi, bayar (ongkos) untuk semua koridor di satu tiket seperti Transjakarta. Tarifnya nanti kita kaji dulu,” katanya. (ryn/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.