Dibangun Turap, Warga Pasirangin nggak Kebanjiran Lagi

by -

METROPOLITAN – Demi meminimalisasi terjadinya luapan air Kali Cibeureum yang berdampak ke Peruma­han Griya Alam Sentosa, Pe­merintah Desa Pasirangin, Kecamatan Cileungsi, Kabu­paten Bogor, membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 350 meter.

Kepala Desa Pasirangin Ismail HS mengatakan, pembangu­nan TPT dikhususkan untuk warga perumahan Griya Alam Sentosa yang berdekatan dengan aliran Kali Cibeureum tersebut. Sebab, saat intensi­tas hujan tinggi, permukiman warga tersebut digenangi air akibat luapan dari kali.

”Alhamdulillah pengerjaan TPT yang sudah dikerjakan tersebut bisa meminimali­sasi dampak luapan kali ke permukiman penduduk se­cara langsung, khususnya di RW 10, Perum Griya Alam Sentosa. Dengan adanya pembangunan TPT ini, aliran air yang ada di Kali Cibeu­reum bisa lebih lancar menu­ju perbatasan Kota Bekasi,” kata Ismail kepada Metropo­litan, kemarin.

Baca Juga  Akta Jual Beli Tanah di Desa Pasirangin Diduga Dipalsukan Oknum PPAT

Ismail menambahkan, pembangunan TPT yang su­dah terealisasi kurang lebih sepanjang 350 meter itu akan dilanjutkan kembali di 2022 nanti. Selain itu, warga Peru­mahan Griya Alam Sentosa sendiri mengusulkan adanya pompa untuk penanggulangan banjir.

”Semoga untuk usulan di 2022 bisa dilanjutkan penura­pan tersebut, sekaligus usulan dibuatkannya rumah pompa di Perum Griya Alam Sentosa karena sering terjadi luapan kali,” harapnya.

Untuk selanjutnya akan dila­kukan kembali pembangunan sekitar 2.000 meter karena efek abrasi dan longsoran TPT yang lama.

”Untuk pengerjaan TPT itu sendiri baru sebelah saja yang berhubungan langsung ke permukiman penduduk. Se­moga dengan pembangunan yang saat ini sudah selesai sgar menjadi tanggul penahan luapan air di kemudian hari,” pungkasnya. (jis/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *