Dinkes Bangun Mini Sentra Vaksinasi

by -

METROPOLITAN – Meski telah melampaui 50 persen, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, kini membangun mini sentra vaksinasi Covid-19 untuk menjaring masyarakat dalam upaya percepatan vaksinasi. Sentra-sentra tersebut di­bangun untuk mengejar tar­get 4,3 juta jiwa atau sekitar 70 persen dari jumlah pen­duduk pada Desember men­datang.

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina men­gatakan, mini sentra vaksi­nasi dibangun di setiap tem­pat pelayanan masyarakat. Seperti pusat perbelanjaan (Cibinong City Mall), Bank Jabar Banten (BJB), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhu­bungan, Badan Penyeleng­gara Jaminan Sosial (BPJS), dan beberapa tempat lain yang terdapat pengumpulan massa.

“Mini sentra vaksinasi ini sudah berjalan beberapa hari lalu. Tujuannya mem­permudah mereka melaks­anakan vaksinasi. Jadi ketika mereka mengurus sesuatu di kantor pelayanan, maka kami akan data siapa saja yang belum divaksin untuk kemu­dian dilakukan penyuntikan vaksin,” kata Mike.

Baca Juga  Dinkes Imbau Wabah DBD Saat Musim Hujan Muncul Kasus DBD, Baru Fogging Serentak

Di samping itu, gencarnya pelaksanaan vaksinasi ini juga merupakan salah satu perintah Kementerian Kese­hatan yang meminta Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjaga momentum landainya kasus Covid-19 saat ini.

“Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah yang dip­erhatikan pusat. Kemente­rian Kesehatan memerinta­hkan kami untuk menjaga momentum landainya kasus Covid-19. Dengan percepatan vaksinasi dan tentunya pro­tokol kesehatan yang harus tetap berjalan ketat,” papar­nya.

Berdasarkan data per 14 November 2021, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor secara keseluruhan baru mencapai 45,93 persen. Dengan rincian, dosis per­tama sekitar 53,69 persen dan dosis kedua sekitar 37,87 persen.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Agus Fauzi menyebut bahwa para tenaga kesehatan masih terus berjuang, bahu-membahu melakukan per­cepatan vaksinasi.

Baca Juga  Hiiiii... Ada Proyek Siluman di RSUD Cibinong

“Pelaksanaan vaksinasi ma­sih terus kami genjot sampai mencapai target. Bahkan mungkin lebih. Ini juga upaya untuk mengantisipasi terjadi­nya gelombang ketiga penye­baran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor,” pungkas Agus. (mam/eka/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *