Disdukcapil Kota Bogor Luncurkan Layanan Drive Thru, Pertama di Indonesia

by -

METROPOLITAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor meluncurkan SOP dan layanan Drive Thru Disdukcapil di Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor, Jumat (26/11).

Peluncuran SOP dan layanan drive thru diresmikan langs­ung Wali Kota Bogor Bima Arya yang sangat mengapre­siasi inovasi layanan Drive Thru Disdukcapil satu-satunya di Indonesia ini.

“Saya apresiasi yang dila­kukan Disdukcapil, dan te­rima kasih atas kerja keras­nya. Mudah-mudahan yang dilakukan betul-betul dira­sakan sama warga,” kata Bima Arya.

Pada kesempatan itu, ia menceritakan pada Juli 2018 saat mendapat kiriman foto dari warga yang mengantre layanan Disdukcapil sejak subuh dan mencapai 1 kilo­meter.

Dari kejadian itu, Disduk­capil melakukan reformasi birokrasi dengan mulai mem­benahi sistem, berkoordi­nasi dengan wilayah, mem­benahi peralatan, dan me­ningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga  Mudahkan Warga, Disdukcapil Siapkan Aplikasi Baru

“Saya lihat hari ini (kema­rin, red) semuanya sudah jauh lebih membaik. Ukuran­nya sederhana. Dulu mayo­ritas DM Instagram atau WhatsApp dari warga urusan KTP. Kalau sekarang hampir sudah tidak ada yang mengeluh soal pengurusan KTP,” ujarnya.

Bima Arya menuturkan, tugas nomor satu Disdukca­pil memang di pencatatan dan pelayanan yang saat ini sudah lebih mudah dan pen­catatan sudah lebih baik.

Namun, tetap Dukcapil juga dibutuhkan dalam hal pembenahan data-data ke­pendudukan sebagai dasar membuat kebijakan. Se­perti data kemiskinan, kese­hatan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan lainnya.

“Contohnya di target vaksi­nasi di Kota Bogor 819 ribu orang, saat ini sudah men­capai 80 persen. Tapi setelah itu stuck dan disalip daerah lain. Dugaan saya mungkin ada persoalan di updating data,” tuturnya.

Baca Juga  Disdukcapil Cetak KTP-el Kepercayaan

Untuk itu, ia berharap Dis­dukcapil terus berinovasi. Bukan saja mempercepat pelayanan, tetapi juga mem­permudah dan membaha­giakan warga.

Saat ini pelayanan drive thru lebih cepat. Hanya dalam hitungan menit, sehingga ti­dak memakan waktu, mem­permudah, dan aman secara protokol kesehatan (prokes) karena tidak perlu turun.

“Ini drive thru yang per­tama di Indonesia. Kita akan bagi ke teman wali kota yang lain, mungkin ada yang ter­tarik untuk mengembangkan hal yang sama. Kan bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dis­dukcapil Kota Bogor Sujat­miko mengatakan, hadirnya layanan drive thru ini dalam melaksanakan arahan wali kota Bogor yang ke depan apa pun kebijakannya akan diikuti.

Sejauh ini sudah ada 40 kota/kabupaten yang datang ke Disdukcapil Kota Bogor untuk belajar dan menjadi rujukan di Jawa Barat. Sebab, ini baru pertama di Indonesia.

Baca Juga  KTP-el Luar Kota Bogor bakal Didata

“Pelayanan tidak lebih dari sepuluh menit dan be­bas calo. Kami juga ada drive thru malam untuk karyawan yang pulang kerja dan ada piket Sabtu-Minggu, sehing­ga tetap bisa mengakses layanan di weekend,” tun­tasnya. (*/ryn/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.