Diteror Pinjol, Ibu Dua Anak Gantung Diri

by -

METROPOLITAN – Ibu dua anak beri­nisial JB (44) di Ci­nere, Kota Depok, ditemukan tewas diduga stres akibat tagihan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Kapolsek Cinere, AKP Su­parmin, mengatakan, JB ditemukan tewas dengan cara gantung diri di kamar mandi rumahnya, Se­nin (1/11) pukul 06:30 WIB. ”Jadi, bangun pagi anaknya ke dapur nyari emaknya nggak ada. Nah, pas nggak ada, neneknya masuk rumah dan begitu masuk lihat korban sudah gantung diri,” jelasnya ke­tika dikonfirmasi kemarin.

Suparmin mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan tidak dite­mukan tanda-tanda keke­rasan yang dialami JB. Ka­rena itu, ia memastikan korban murni meninggal dunia karena gantung diri.

Berdasarkan keterangan saksi dan informasi yang diperoleh, korban yang merupakan janda anak dua ini mengalami depresi ka­rena terlilit utang. ”Motifnya faktor ekonomi yang meny­ebabkan JB gantung diri. Kami juga memeriksa hand­phone milik JB dan terdapat beberapa chat tagihan utang,” ujar kapolsek.

Baca Juga  Wali Kota Tangerang Tutup Hotel Milik Artis Cyntiara Alona

Suparmin menjelaskan, dari isi percakapan tersebut terdapat sejumlah tagihan utang pinjol sebesar Rp12 juta. JB yang tidak mempu­nyai pekerjaan tetap diduga tak kuat membayarnya dan memilih bunuh diri. ”Dia nggak sanggup lagi. Sendi­rian punya dua anak kerja serabutan, utang pokoknya Rp12 juta. Kalau membeng­kaknya kita nggak ngerti (jumlahnya, red),” tuturnya.

Sebelum ditemukan tewas, sambung dia, korban telah meninggalkan surat wasiat yang berisikan permintaan maaf pada keluarga. Isinya, JB menitipkan kedua anaknya yang masih berusia 8 dan 13 tahun kepada keluarga. ”Iya, ada tulisan yang ditinggalkan korban, intinya dia minta maaf sama orang tua dan titip anak-anaknya,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah ka­sus bunuh diri akibat teror pinjol terjadi di sejumlah kota. Salah satunya seorang ibu rumah tangga berinisial WPS (38), warga Selomarto, Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah yang meninggal aki­bat bunuh diri, Sabtu (2/10).

Baca Juga  Warga Sukajaya Jadi Korban Penipuan Bermoduskan Pinjol

Ia diduga nekat mengakhi­ri hidup usai diteror penagih utang puluhan juta rupiah dari 23 pinjol. Kepolisian kemudian membongkar ja­ringan koperasi simpan pin­jam yang diduga didanai WN China. (cn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.