Efek Kisah Horor, Rumah Warga Elm Street Dijual Murah

by -

METROPOLITAN – Jika mendengar kata Elm Street tentu akan teringat pada film-film horor yang salah satunya me­nampilkan karakter ikonik bernama Freddy Krueger. Kesuksesan kisah dan film itu ternyata membawa dampak bagi masyarakat yang tinggal di lokasi yang terletak di Inggris tersebut.

Para warga di Elm Street, Ferndale, kesulitan menjual rumah mereka ka­rena pasar hanya mau memberikan harga 40 hingga 70 persen lebih murah daripada harga standar di sekitaran me­reka. Hal itu ditengarai akibat banyaknya masyarakat yang percaya dengan tak­hayul dari kepopuleran film Nightmare on Elm Street yang dibintangi Johnny Depp tersebut.

Analis dari Yorkshire Building Society (YBS) mengungkapkan harga properti di sana sejak satu dekade belakang. Ia menemukan fakta menarik jika rumah-rumah yang berada di sepanjang Elm Street lebih murah 42 persen daripada harga rata-rata di kode pos tersebut.

Bahkan, hingga saat ini hanya satu rumah di Elm Street yang berhasil ter­jual dengan harga yang sama dengan di area sekitarnya. Film horor itu pun tampaknya sangat populer dan mening­galkan bekas hingga saat ini. ”Seperti­nya harga rumah tersebut dipengaruhi takhayul yang dipercaya pasar. Kami tahu ada banyak alasan yang mem­pengaruhi harga tersebut dan tampaknya waralaba film Freddy Krueger jadi salah satunya,” tutur Ben Merritt, analis dari YBS. ”Tujuh dari sepuluh orang de­wasa di Inggris tak akan mau tinggal di Elm Street, jadi untuk pasar tersebut sepertinya agak sulit untuk menjualnya,” tambahnya.

Baca Juga  Rencana Bulan Madu Jedar Gagal

A Nightmare on Elm Street merupakan sebuah kisah horor yang diangkat men­jadi sebuah film, serial televisi hingga novel. Waralaba tersebut dimulai dengan film berjudul sama pada 1984 yang dis­utradarai Wes Craven dan dibintangi Heather Langenkamp, John Saxon, Ro­bert Englund dan Johnny Depp.

Film tersebut berkisah tentang sekelom­pok remaja di kota fiksi Springwood yang dibunuh dan dibantai dalam mimpi (serta kehidupan nyata) oleh Freddy Krueger yang memiliki pisau di jemari­nya.

A Nightmare on Elm Street mengha­biskan budget hingga 1,1 juta dolar atau senilai Rp15 miliar dan meraup penda­patan sebesar 57 juta dolar atau Rp812 miliar. Mereka menjadi salah satu dari kisah film horor terbaik yang pernah dibuat.(dtk/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *