Guru Wajib Kuasai Teknologi dan Komunikasi

by -

METROPOLITAN – Keber­hasilan dunia pendidikan tak lepas dari peranan tenaga pendidik. Untuk itu, selain memiliki kecakapan dalam mengajar ilmu pengetahuan, tenaga pendidik juga harus mempunyai kemampuan nonteknis.

Staf Ahli Bidang Sumber Daya Kemaritiman Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Nyoman Shuida, menjelaskan, kemampuan nonteknis yang dimaksud adalah penguasa­an teknologi dan komuni­kasi. “Tentu harapannya para pendidik kita memiliki kemampuan teknologi dan komunikasi serta kompe­tensi digital yang lebih mum­puni dari peserta didik,” ujar­nya.

Kemampuan teknologi dan komunikasi sangat penting, karena pendidik harus dapat mengasah kompetensi pe­serta didik tidak hanya aspek kognitif, melainkan skill (ke­terampilan), value (nilai) dan attitude (sikap). Apalagi, per­kembangan zaman telah membawa generasi Z men­jadi sangat familiar dengan dunia digital. Tenaga pendidik dituntut cepat beradaptasi dengan perkembangan tek­nologi dan transformasi digi­tal, termasuk di dalamnya kemampuan komunikasi.

“Peningkatan kemampuan nonteknis para pendidik ini tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini adalah tanggung jawab bersama, tanggung jawab individu pendidik dan masyarakat untuk mendukung para pen­didik mengembangkan po­tensi dan kompetensinya,” ungkapnya.

Baca Juga  287 SISWA SMP NEGERI 16 IKUT UNBK DI SMAN 2

Adapun Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tek­nologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menutur­kan bahwa pemerintah telah menjalankan beberapa pro­gram peningkatan kompe­tensi bagi para tenaga pendi­dik.

Program yang dimaksud adalah Guru Penggerak yang kini sudah diikuti lebih dari 32 ribu guru atau tenaga pen­didik. Melalui program Guru Penggerak, diharapkan para guru akan menjadi pemimpin pembelajaran yang fokus pada murid. “Bukan hanya itu, kita juga terus mening­katkan kapasitas sekolah, baik pemenuhan kebutuhan sar­pras ataupun penunjang peningkatan kualitas pendi­dikan lainnya,” tandas Nadiem. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *