IPNU Bogor Gelar Lakmud selama Dua Hari

by -

METROPOLITAN – Pimpi­nan Cabang (PC) Ikatan Pe­lajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Bogor menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) ke-4 di Pondok Pesantren Nurul Iman Al Hasanah, Leu­wiliang, Kabupaten Bogor. Pelatihan berlangsung tiga hari sejak 19–21 November 2021.

Pelatihan tersebut dibuka resmi Rois Syuriah PCNU Kabupaten Bogor KH Bun­dari Abas. Hadir juga Wakil Ketua PCNU KH Waspada dan jajaran Pengurus MWC Kecamatan Leuwiliang. Aca­ra ditutup doa oleh Rais Syu­riyah PCNU Kabupaten Bogor KH Bundari Abbas.

Usai pelatihan dibuka, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Bogor sekaligus pengurus PCNU Kabupaten Bogor Sae­pudin Muhtar turut mengisi materi tentang kepemimpi­nan. Dalam paparannya, pria yang karib disapa Gus Udin itu menekankan tentang em­pat tahapan untuk menjadi pemimpin yang harus dica­pai pemuda saat ini.

Baca Juga  Pesan untuk IPNU Bogor, 4 Tahapan Menjadi Pemimpin Harus Dicapai Pemuda Saat Ini

Pertama, tahap Musta’malah. Intinya bagaimana peran aktif pemuda dalam kehidu­pan sehari-hari di tengah masyarakat maupun organi­sasi, bekerja keras dan tidak bermalas-malasan. Kedua, tahap Dauroh Mu’tarofah. Tahap orang mengenali kita dalam peran aktif di organi­sasi maupun masyarakat.

Ketiga, tahap Dauroh Mu’tabaroh. Tahapan di­mana masyarakat mengang­gap kita dalam peran aktif kita terhadap masyarakat. Keempat, tahap Dauroh Muh­taromah. Tahap ini berada dimana ketika orang lain mulai memuliakan dan men­ghargai kita.

“Seorang pemimpin adalah seorang yang selalu meng­inspirasi dan berpikir jauh ke depan untuk maju, mau berbuat lebih, dan bekerja lebih dari orang lain,” ujar Gus Udin, Sabtu (20/11).

Untuk itu, kandidat Doktor Ilmu Politik UIN Jakarta itu berpesan kepada seluruh kader IPNU agar mau selalu bekerja, berpikir, dan berwa­wasan lebih dari orang lain.

Baca Juga  Pesan untuk IPNU Bogor, 4 Tahapan Menjadi Pemimpin Harus Dicapai Pemuda Saat Ini

“Pesan saya, khususnya kepada kader IPNU, agar da­pat bermimpi dan berpikir lebih jauh dari orang lain. Karena itulah jiwa pemimpin sebenarnya,” tandasnya. (*/ fin/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *