Jalan Rusak selama 27 Tahun Akhirnya Tersentuh Samisade

by -

METROPOLITAN – Program Satu Miliar Satu Desa (Sa­misade) berhasil direalisasi­kan 100 persen di Kecamatan Rumpin. Akses jalan sepan­jang 1.360 meter, lebar tiga meter, dan ketebalan 15 sen­timeter itu menghubungkan Kampung Sampay dengan Kampung Cisirung, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Rabak, Wawan Nurwandi, didampingi camat Rumpin terharu saat melakukan proses gunting pita. Sebab, akses jalan ter­sebut sudah 27 tahun belum tersentuh bantuan pembangu­nan. Dimana akses Jalan Sampay-Cisirung salah satu akses utama bagi masyarakat.

”Tadi acara rangkaian gun­ting pita peresmian program Samisade yang sudah 100 persen dikerjakan,” kata Wa­wan Nurwandi.

Ia menuturkan, peresmian Samisade itu disaksikan ca­mat, sekcam Rumpin, bha­binkamtibmas, dan babinsa. Selain itu, turut hadir ketua RT, RW, LPM, BPD, dan PKK Desa Rabak. Hal itu agar ban­tuan tersebut bisa dirasakan masyarakat.

Baca Juga  Komisi I Minta Bupati Evaluasi Program Samisade

”Akses jalan Kampung Sampay-Cisirung adalah ak­ses jalan poros atau lingkar. Karena banyak masyarakat yang menggunakan akses jalan ini,” terang Wawan.

Wawan berharap bantuan Samisade dari bupati Bogor itu bermanfaat bagi masy­arakat. ”Adanya akses jalan yang bagus, dibetonisasi, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat serta meningkat­kan ekonomi,” terangnya.

Tahun depan, sambungnya, program Samisade akan di­realisasikan di Kampung Basar hingga Kampung Lebak Haur dan tembus ke Kampung Cijantur, dengan total panjang 2,7 kilometer. Tujuannya agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

”Untuk anggaran tahun de­pan, Insya Allah kita akan realisasikan Samisade. Tapi kita lihat dulu kebutuhannya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Rum­pin, Ade Zulfahmi, mengaku banyak terima kasih kepada kades Rabak berikut jajaran­nya yang sudah merealisasi­kan atau mendukung program Bupati Bogor Ade Yasin.

Baca Juga  Banyak PKL, Pasar Baru Ciampea Sunyi

”Pembangunan ini sangat tepat waktu, sehingga ban­tuan ini bisa dirasakan ma­syarakat dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” tutur­nya.

Ade Zulfahmi menyebut bantuan Samisade di 14 desa sudah berhasil direali­sasikan pada tahap satu. Untuk Desa Rabak sudah 100 persen, tinggal empat desa yang belum realisasikan pada tahap dua bantuan Sa­misade.

”Tahap satu sudah realisa­sikan Samisade. Namun di 14 desa pada tahap dua ting­gal empat desa yang belum selesai realisasikan,” pungkas Ade Zulfahmi. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *