Jalur Tambang di Tiga Kecamatan cuma Mimpi?

by -

METROPOLITAN – Wacana Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun akses jalur tambang di Kecamatan Parung­panjang, Rumpin, dan Cigu­deg, Kabupaten Bogor, hing­ga kini belum terealisasi.

Ketua Komisi III Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Sastra Wi­nara pun tak bisa berkomen­tar banyak terkait realisasi jalur tambang tersebut. Meski begitu, pihaknya mengaku sudah mengusulkan jalur tambang kepada provinsi.

“Rencana ini sudah lama, bahkan kita sudah beberapa kali mengusulkan ke pro­vinsi. Nanti kita usulkan lagi,” kata Sastra Winara saat dite­mui reses di Parungpanjang, beberapa hari lalu.

Soal rest area untuk men­gurangi kemacetan truk tambang, politisi Gerindra itu menjelaskan hal itu termasuk akses jalan provinsi. Namun, melihat banyaknya korban kecelakaan di Kecamatan Parungpanjang, pihaknya akan kembali mengusulkannya. ”Solusi sementara sebelum dibangun jalur tambang, ada pembangunan rest area truk tambang. Salah satu contoh di Kecamatan Gunungsindur. Itu salah satu contoh semen­tara,” ujar Sastra.

Baca Juga  Truk Tambang Masih Bandel, Warga Minta Dishub Tegas

Sastra menambahkan, nanti­nya rest area juga akan di­bangun di Parungpanjang dan Rumpin. Ia mengaku akan mengatur jadwal operasio­nalnya.

Sebelumnya, Camat Parung­panjang, Icang Alyudin, men­gatakan bahwa pada reses masa sidang I DPRD Kabu­paten Bogor di Kecamatan Parungpanjang yang paling masuk pembahasan adalah hal-hal yang bersentuhan dengan masyarakat.

”Salah satunya perlintasan jalur kereta api, rumah sakit, jalur tambang, dan PD Pasar,” kata Icang Aliyudin.

Ia menuturkan, jalur tambang salah satu solusi yang tepat karena harus dikoneksikan dengan akses yang baik. Jika akses jalan rusak, bagaimana investor akan masuk Parung­panjang. ”Saya juga berharap DPRD Kabupaten Bogor bisa mendorong hal ini. Paling tidak minta bantuan sama pemerintah pusat,” pungkas Icang. (mul/c/els/run)

Baca Juga  #SaveParungPanjang Trending, Bupati Bogor Tagih Janji Provinsi Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *