Jelang Hari Pahlawan, Kota Bogor Ubah Dua Nama Jalan

by -
Beberapa nama jalan di Kota Bogor bakal diganti, salah satunya Jalan Kesehatan. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Menjelang Hari Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana mengganti nama jalan di dua ruas jalan Kota Bogor. Yakni Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanahsareal dan Jalan Ciheuleut, Kecamatan Bogor Timur.

Rencananya, Jalan Kesehatan akan diganti nama menjadi Jalan Raden Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan tokoh jurnalistik asal Kota Bogor.

Sedangkan Jalan Ciheuleut akan digantikan dengan nama Jalan RSA Kartadjumena. Kartadjumena, yang merupakan salah satu wali kota periode awal kemerdekaan RI yakni tahun 1952-1955.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, pemberian nama jalan tersebut akan dikukuhkan pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November mendatang.

Dedie Rachim memang sempat mengutarakan rencana soal penggantian nama jalan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, menggantikan Jalan Kesehatan saat Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Cerita Ibunda Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata, Sejak Kecil Pintar Bagi Waktu Antara Sepakbola dan Mengaji

Diketahui Sekretariat Kantor PWI Kota Bogor bernaung di Jalan Kesehatan.

“Kita akan ada dua nama jalan baru. Yang pertama, Jalan Kesehatan diganti dengan namanya Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Beliau pahlawan nasional yang juga seorang jurnalis dan berjuang di masa awal-awal kemerdekaan,” katanya, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, Tirto Adhi Soerjo, termasuk pelopor jurnalistik di Indonesia yang juga dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Blender, Kecamatan Tanahsareal.

Dengan pencanangan itu, diharapkan membangkitkan semangat pers dalam membangun negeri. Terutama membangkitkan marwah PWI Kota Bogor sebagai mitra Pemkot Bogor.

Lalu, kata dia, Jalan Ciheuleut akan diganti dengan nama Jalan RSA Kartadjumena. RSA Kartadjumena sendiri merupakan salah satu wali kota periode awal kemerdekaan yakni periode 1952-1955 dan berkontribusi cukup banyak untuk Kota Bogor.

Baca Juga  Kejari Pelototi Proyek Beton Amburadul

“Kita akan abadikan pada tanggal 10 November nanti,” ujar Dedie. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.