Jelang Nataru, Wajib Tes PCR akan Diberlakukan

by -

METROPOLITAN – Pemerintah bakal menetap­kan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegia­tan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, nantinya syarat perjalanan akan diperketat saat penera­pan PPKM Level 3 tersebut. Salah satunya adanya wajib tes PCR.

“Mobilitas akan diperketat terutama di dalam kaitannya dengan prokes, termasuk PCR, swab antigen, dan vaksin. Terutama mereka yang akan bepergian,” ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/11).

Muhadjir menuturkan, saat ini Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Su­madi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sedang berkoordinasi untuk meram­pungkan aturan mengenai syarat perjalanan di masa PPKM Level 3 ini.

Baca Juga  Dibekuk, Ini Barang yang Dibawa Pelaku

“Nanti akan diatur oleh Pak Menhub dan Pak Kapolri. Jadi sedang berkoordinasi intensif,” katanya.

Walaupun adanya PPKM Level 3 ini, Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan adanya penyekatan ruas jalan.

“Intinya sesuai dengan ara­han Bapak Presiden tidak ada penyekatan,” katanya.

Namun, Muhadjir berpesan kepada masyarakat tidak be­pergian jelang libur Nataru ini. Masyarakat harus was­pada potensi lonjakan kasus Covid-19.

“Tidak ada penyekatan. Te­tapi kita imbau, kita serukan kepada masyarakat untuk tidak bepergian kecuali untuk tujuan primer,” ungkapnya.

Diketahui, Muhadjir Ef­fendy mengatakan, Pemerin­tah RI memutuskan mene­tapkan seluruh wilayah di Indonesia berstatus PPKM Level 3 saat momen libur Na­taru.

Ia menjelaskan kebijakan ini untuk mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan kasus positif Covid-19. Kebi­jakan ini akan berlangsung mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Baca Juga  Sehari Kematian 1.222 Jiwa, Kemenkes Dorong PCR Terjangkau

Keputusan itu dikeluarkan guna memperketat pergerakan masyarakat dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 usai libur Nataru. Dengan demikian, seluruh wilayah Indonesia, baik yang saat ini berstatus PPKM Level 1 dan 2, juga akan menerapkan aturan PPKM Level 3. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *