Kasus Covid-19 Melandai, Bupati Ajak Masyarakat Cegah Lonjakan Penularan

by -

METROPOLITAN – Bela­kangan ini kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor kian melandai. Tak kurang dari tiga sampai lima orang setiap harinya terpapar virus corona. Hal itu berbanding jauh saat terjadi lonjakan ka­sus pascalebaran, di mana dalam sehari ratusan orang terpapar. Begitu pula dengan angka kematian yang saat itu terus meroket.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengatakan, melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor ini berkat tingkat ke­patuhan masyarakat akan protokol kesehatan serta ma­sifnya vaksinasi yang dilaku­kan Satgas Covid-19 kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, semuanya semakin membaik. Saya dapat laporan saat ini paling tiga sampai lima orang yang ter­papar,” katanya.

Tak hanya itu, ruang isolasi terpadu saat ini pun kosong. Tidak ada lagi pasien Covid-19 yang diisolasi, sehingga ia saat ini hanya ingin fokus pada vaksinasi serta mencegah agar tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga  5 Ton Ikan Kembung buat Keluarga Isoman di Kota Bogor

“Kondisinya sekarang sudah membaik, tinggal kita men­cegah agar tidak ada lagi lon­jakan seperti kemarin-kema­rin. Makanya saya ajak ma­syarakat bersama-sama men­jaga agar tidak ada lonjakan lagi,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, Iman W Budiana, mengung­kapkan, tingkat kepatuhan masyarakat semakin hari se­makin baik. Masyarakat saat ini sudah sadar akan meng­gunakan masker saat beper­gian keluar rumah. “Berbeda dengan tahun lalu, sekarang masyarakat lebih peduli akan kesehatan, sehingga mereka aktif menggunakan masker serta menjaga jarak,” kata Iman.

Menurunnya kasus penula­ran Covid-19 didukung kebi­jakan pemerintah yang saat ini membatasi kegiatan ma­syarakat, seperti fasilitas pu­blik, pelayanan publik serta lainnya. “Seperti mal, selain pembatasan jumlah pengun­jung, ada juga persyaratan lain untuk masuk ke sana,” ung­kapnya. Meski begitu, Iman tak memungkiri masih ada masyarakat yang abai prokes. Bahkan, pihaknya kerap me­negur masyarakat yang tidak mematuhi prokes.

Baca Juga  Covid-19 Belum Mereda, Bamus DPRD Siap-siap Panggil SKPD

“Seperti di pasar-pasar tradi­sional masih banyak masyara­kat yang tidak mematuhinya, tapi kita tegur agar langsung menggunakan masker,” tan­dasnya. (mam/rez/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.