Limbah Pabrik Cemarkan Situ Tlajung Hilir

by -

METROPOLITAN – Situ Tla­jung Hilir, Desa Wanaherang, RT 01/03, Kecamatan Gunung­putri, Kabupaten Bogor, dikelu­hkan warga lantaran mengelu­arkan bau tak sedap. Kondisi air pun berubah warna men­jadi hitam pekat.

Warga setempat, Ramdani, mengaku sudah beberapa minggu ini air situ tercemar limbah yang berasal dari se­jumlah perusahaan. Pihak perusahaan membuang lim­bahnya ke aliran sungai menu­ju Situ Tlajung Hilir saat hujan.

”Sudah satu minggu memang situ ini tercemar, namun tidak separah saat ini. Dari semalam baunya sangat menyengat, lalu di pagi hari tadi hitam pe­kat. Kayaknya ada perusahaan yang memanfaatkan hujan untuk buang limbah,” katanya kepada Metropolitan.

Ramdani menyebut ada be­berapa perusahaan yang di­duga mengalirkan pembu­angannya ke arah situ tersebut. Sebab, beberapa hari lalu, saat warga menyusuri sungai untuk mencari tahu penyebab terce­marnya situ tersebut, warga mendapati beberapa perusa­haan di Desa Cicadas, Keca­matan Gunungputri, membu­ang limbah berwarna hitam ke sungai yang mengarah ke Situ Tlajung Hilir.

Baca Juga  Jalan Bomang Jadi Tempat Pembuangan Limbah

”Indikasi pembuang limbah berasal dari arah Desa Cicadas. Karena beberapa tahun lalu ada warga yang menyusuri situ dan menemukan beber­apa perusahaan yang dicurigai alirannya mengarah ke situ,” bebernya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabu­paten Bogor, Achmad Fathoni, mengaku geram atas perbua­tan perusahaan yang membu­ang limbah tersebut. Ia juga mengaku kejadian serupa sering terjadi di situ tersebut.

”Saya sangat sedih, situ kem­bali dicemari oleh limbah pe­rusahaan. Saya minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama pihak terkait yang berwenang seperti Pol PP tran­tib kecamatan untuk segera turun dan menindak tegas,” pintanya.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah desa (pemdes) memonitoring perusahaan di wilayahnya terkait pembuangan limbah, untuk bahan dinas terkait menindak perusahaan yang terbukti nakal. Ia juga meminta warga membentuk komunitas peduli situ.

Baca Juga  Berdayakan Limbah Dengan Bank Sampah

”Pihak pemdes juga saya harap bisa membantu. Saya imbau masyarakat sekitar un­tuk bikin komunitas peduli situ, sehingga bisa bersama-sama sinergi menjaga situ. Saya usahakan segera turun untuk mengecek langsung,” tegasnya.

”Saya minta perusahaan yang masih membuang limbah ke alam untuk segera bertobat dan mengikuti aturan. DLH diharapkan segera menindak tegas pencemaran ini,” pung­kasnya. (jis/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *