Makam Jaksa Agung Pertama Dipindah ke Bogor

by -
Gifar/Metropolitan

METROPOLITAN.id – Makam Jaksa Agung pertama Republik Indonesia, Mr. R Gatot Taroenamiradja resmi dipindahkan ke Pusara Adhyaksa, Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (25/11).

Prosesi upacara dan pemindahan makam Jaksa Agung pertama ini dimulai dari makam sebelumnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan.

Jenazah Jaksa Agung pertama dibawa dari Jakarta menuju Cibinong sejak pagi dan tiba di Pusara Adhyaksa, Cibinong sekitar pukul 09:00 WIB.

Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, Setia Untung Arimuladi mengatakan, pertimbangan pemindahan makam Jaksa Agung pertama RI itu sudah di rencanakan sejak 2019.

“Saya selaku ketua Persatuan Jaksa Indonesia mendapat infomasi bahwa di TPU Menteng Pulo ada makam Jaksa Agung pertama. Kita cek ke sana kemudian saya menghubungi keluarga yang bersangkutan untuk pemindahan. Keluarga menyetujui agar lebih terawat dan terperhatikan,” ujar Untung usai upacara pemindahan, Kamis (25/11).

Baca Juga  Panas, Harry Tanoe Terancam Dilaporkan Balik Lagi Oleh Jaksa Agung

Menurutnya, sosok Mr. R Gatot Taroenamiradja adalah orang yang sangat berjasa dan selalu menjadi panutan untuk Adhyaksa muda kedepannya.

“Almarhum berdedikasi tinggi. Dari sisi integritas, beliau adalah panutan bagi kami semua, khususnya Adhyaksa muda,” sambung Untung.

Tak hanya itu, nama harum Mr. R Gatot Taroenamiradja akan diabadikan menjadi sebuah nama gedung kejaksaan di Jakarta atau nama sebuah jalan. Tujuannya, nama dan jasa Jaksa Agung pertama ini selalu terkenang.

“Kita lihat ke depannya. Karena untuk Jaksa Agung Suprapto itu sudah ada nama jalan. Ini akan kami usulkan ke pemerintah,” pungkasnya. (far/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *