Meski PPKM Level 3, Kawasan Puncak Tetap Jadi Primadona untuk Berwisata

by -

METROPOLITAN.id – Meski berstatus level 3 pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kawasan puncak tetap menjadi primadona bagi masyarakat untuk berlibur. Padahal saat ini hanya beberapa tempat wisata yang diperkenankan untuk beroperasi sedangkan sisanya masih tutup.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakan, jika tujuan wisatawan yang datang ke puncak hanya untuk sekedar melepas penat dengan bermain ke kebun teh atau mencari kafe-kafe yang berkonsepkan alam. Sebab jika datang untuk berwisata wisata, hanya beberapa tempat wisata yang sudah mendapatkan izin untuk beroperasi.

“Dari pantauan kami mereka datang hanya untuk sekedar makan atau ngopi-ngopi saja. Karena kalau main ke tempat wisata belum boleh apalagi hanya ada beberapa tempat wisata yang boleh buka itupun dengan pembatasan pengujung, selebihnya tempat wisata masih tutup,” kata dia.

Baca Juga  Jenis Oleh-oleh yang Bikin Repot

Begitu juga dengan wisata alam seperti curug atau yang lainnya. Dalam Peraturan Bupati (Perbup) PPKM level 3 belum juga diperkenannya. Agus mengaku dirinya sudah berkeliling ke beberapa lokasi wisata alam di Kabupaten Bogor, namun tidak menemukam tempat wisata alam yang beroperasi.

“Kemarin saya sudah keliling ke tempat wisata alam seperti curug mereka belum beroperasi. Tapi untuk kafe-kafe sudah ada beberapa yang buka. Karena kalau kafe memang diperbolehkan,” paparnya.

Dalam penerapan PPKM level 3 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih menerapkan ganjil genap bagi wisatawan yang akan menuju puncak. Seperti kondisi di lapangan banyak sekali kendaraan dengan pelat nomor B atau dari luar Bogor yang menuju kawasan puncak.

Baca Juga  Bentuk Karakter PNS, Pemkot Bogor Gelar Diklat PIM IV

“Mungkin karena daerah sekitar Kabupaten Bogor sudah turun level, jadi aktivitas masyatakatnya kembali tinggi. Mereka banyak banyak yang ingin yang berwisata,” kata Agus.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bogor pun telah mengajukan rekomendasi ke Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan izin uji coba ketika PPKM turun level.

“Sudah beberapa yang mengajukan, tapi saat ini belum ada tindak lanjutnya karena kan PPKM nya masih level 3,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diaparbud) Kabupaten Bogor Deni Humaedi.

Sejumlah lokasi wisata yang diizinkan beroperasi, lanjut Deni, merupakan wisata konservasi. Sepertu Taman Safari, Taman Mekarsari dan Cimory Dairy. Sedangkan untuk objek wisata lainnya masih belum diperkenankan, sebab jika objek wisata wahana dikhawatirkan malah menjadi kluster baru dalam penularan covid-19. (mam)

Baca Juga  Volume Kendaraan di Jalur Puncak Bogor Alami Penurunan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.