Model Edisi Terbatas Mini Dipamerkan di GIIAS 2021

by -

METROPOLITAN – Tak ke­tinggalan, Mini ikut memeria­hkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GII­AS) 2021 dengan merilis model terbarunya. Nggak main-main, tiga model edisi sangat terbatas dihadirkan Mini di acara yang sempat tertunda beberapa kali ini karena pandemi Co­vid-19.

Nempel dengan booth BMW, di panggung GIIAS ini Mini merilis Anniversary Edition yang tersedia pada varian mo­del Mini Cooper 3-Door, Mini Cooper S 3-Door dan Mini John Cooper Works. Menariknya, produksi terbatas secara global hanya 740 unit.

Jumlah unit yang tersedia dalam edisi ini mengacu pada nomor awal 74, yang dikenakan Mini Cooper klasik pada penam­pilan trek balap pertamanya yang sukses. Dan di pasar In­donesia, total hanya 15 unit yang akan tersedia di tiga va­rian model Mini Anniversary Edition.

Head of Mini Asia Kidd Yam mengatakan, semakin istime­wa, tahun ini adalah sepuluh tahun Mini Indonesia berdiri.

“Maka itu kami merayakan dengan kehadiran lini Mini Anniversary Edition pada hari kedua GIIAS 2021 yang juga merupakan penghormatan kami kepada sosok mendiang John Cooper,” ujarnya.

Baca Juga  Penjualan Mobil Naik, Pemerintah Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Sebagai informasi, nama John Cooper, lahir 98 tahun yang lalu, tidak hanya mewakili kesuksesan besar di Formula 1, tetapi juga untuk semangat motorsport daru brand Mini. 60 tahun yang lalu, John Coo­per meletakkan dasar untuk kemenangan balap legendaris di Mini klasik.

Itu adalah awal dari kerja sama antara Mini dan Cooper Family yang berlanjut hingga saat ini. Tradisi bersama mem­bentang dari Mini Cooper mk.I, diluncurkan pada September 1961, hingga model John Coo­per Works yang sporty dalam jajaran model saat ini.

Fitur desain dan peralatan eksklusif diklaim menjadikan Mini Anniversary Edition se­bagai proposisi yang menarik bagi penggemar Mini di seluruh dunia yang tertarik dengan sejarah motorsport Mini yang terkait erat dengan nama John Cooper.

Nuansa sejarah bersama Mini dan Cooper Family dapat ditemukan baik pada eksterior maupun interior kendaraan ini. Karena mobil balap awal yang dirancang oleh John Coo­per dikenali dengan cat hijau dengan aksen putih, Edisi Ulang Tahun Mini ditawarkan dalam warna British Racing Green metallic.

Baca Juga  GIIAS 2021 Mundur Jadi September

Sebagai alternatif, tersedia varian Midnight Black metallic, dan untuk Mini John Cooper Works juga ditawarkan warna bodi Rebel Green dan Chili Red. Semua lapisan cat dipadukan dengan atap, penutup kaca spion luar, gagang pintu, dan ringlight di depan dan belakang berwarna putih. Elemen trim eksterior lainnya ditawarkan di Piano Black high gloss.

Fitur eksterior ini dilengkapi garis-garis kap mesin putih dan garis aksen merah, nomor 74 di kap mesin dan pintu, meng­ingatkan awal karir motorsport, saat Mini Cooper klasik me­makai nomor awal 74 ketika itu memenangkan kelas per­tamanya di arena lintasan ba­lap.

Perlengkapan interior edisi ini termasuk jok sport John Cooper Works dalam balutan Dinamica/kulit Carbon Black, headliner berwarna antrasit, set pedal stainless steel, dan trim interior dalam balutan high-gloss Piano Black.

Ring merah dari logo asli John Cooper menghiasi tutup kompartemen bagasi dan per­mukaan interior di sisi penum­pang. Di sisi pengemudi, per­mukaan interior menampilkan tanda tangan John, Mike dan Charlie Cooper.

Baca Juga  Penjualan Mobil Naik, Pemerintah Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Sebagai indikasi lebih lanjut dari karakter eksklusif edisi ini, bagian dalam kusen pintu pengemudi menampilkan lambang dengan tanda tangan John Cooper, catatan tulisan tangan ‘1 dari 740’ dan kata-kata ‘60 Years Of Mini Cooper – The Unexpected Underdog’.

Paket Driving Assistant juga dipasang sebagai standar. Paket ini mencakup sistem berbasis kamera yang mengenali dan melaporkan batas kecepatan, sehingga meningkatkan kese­lamatan di jalan raya.

Asisten digital high-beam dengan Adaptive LED Matrix Headlights (untuk varian JCW) juga sangat berguna saat be­pergian di malam hari melalui area yang kurang penerangan. Sistem peringatan tabrakan dan peringatan pejalan kaki dengan fungsi pengereman city me­mudahkannya untuk menghin­dari situasi berbahaya, teru­tama di lalu lintas kota dan fitur Parking Assistant.

Inovasi lain dalam paket Dri­ving Assistant termasuk kontrol kecepatan dan jarak berbasis kamera (Person & Approach Control Warning) – ini mem­bantu pengemudi secara oto­matis menjaga jarak aman dari kendaraan di depan dengan mengaktifkan sistem grafis peringatan dan aktivasi peng­ereman. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.