Nggak Mau Ketinggalan, PT KAI Luncurkan KAIPay

by -

METROPOLITAN – PT Ke­reta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan dom­pet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI­Pay dihadirkan untuk mem­berikan keamanan, kemuda­han, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kema­juan perusahaan,” kata Didiek dalam pernyataan tertulisnya.

Ia menjelaskan KAIPay di­luncurkan karena semakin meningkatnya kebutuhan ekosistem transportasi ke­reta api. Khususnya un­tuk berbagai layanan secara digital yang dapat mendukung para pelang­gan dalam beraktivitas.

Didiek menuturkan, melalui KAIPay, trans­aksi pembayaran akan semakin praktis. “Pelang­gan tidak perlu berpin­dah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran,” ujar Didiek.

Ia menambahkan, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile. Selain itu juga berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Didiek menegaskan, pem­bayaran yang dilakukan meng­gunakan KAIPay dipastikan aman. Ia mengatakan, setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pem­bayaran pelanggan.

“Setiap pembayaran meng­gunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, se­hingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja,” tutur Didiek.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Pada halaman beranda, terdapat ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via WhatsApp.

“Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui trans­fer virtual account di beber­apa bank dan melalui mini­market, dengan biaya admi­nistrasi Rp0 selama masa promo berlangsung,” jelas Didiek.

KAIPay juga merupakan kerja sama co branding an­tara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank In­donesia. Sementara itu, PT Pulau Pulau Media adalah mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan mela­kukan pengembangan apli­kasi KAI Access termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point On­line Banking, dan lainnya.

Didiek memastikan KAIPay akan terus dikembangkan. Beberapa diantaranya se­perti dapat melakukan trans­fer antar sesama KAIPay hingga pembayaran di mer­chant yang mendukung QRIS.

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol keseha­tan secara ketat,” jelas Didiek. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *