Paparkan Makalah, Calon Bos Hipmi Kota Bogor Diuji Ketua DPRD hingga Tokoh Media

by -

METROPOLITAN.id – Panitia Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) V 2021 Kota Bogor menghelat seminar dan sidang makalah Calon Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kota Bogor di Universitas Bina Niaga Indonesia, Kota Bogor, Selasa (9/11) siang.

Seminar yang diisi Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto dan tokoh media CEO Radar Bogor Grup Hazairin Sitepu sebagai panelis pemaparan makalah itu mengambil tema ‘peran HIPMI dalam pengembangan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Kota Bogor’.

Atang mengatakan bahwa kepengurusan Hipmi Kota Bogor yang akan dilanjutkan selepas kepemimpinan Zulfikar Priyatna ini tidaklah mudah. Namun dengan bimbingan pendahulunya, bisa melanjutkan berbagai program.

“Empat hal yang perlu dibangun, inovasi, kolaborasi, sinergi dan keempat berbagi,” katanya.

Atang juga mengaku pernah merasakan berkecimpung di dunia bisnis, Non Government Organisation (NGO), human resource dan saat ini di dunia politik. Dalam berbagai bidang ini, harus ada semangat berbagi karena dengan berbagi memunculkan banyak rejeki.

Baca Juga  Jadi Destinasi Wisata Belanja, Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

“Untuk berbagi sudah dicontohkan Hipmi saat pandemi hingga saat ini. Sebab masih ada program UMKM Connection, Hipmi Academy dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Kota Bogor Zulfikar Priyatna berharap untuk ketua agar benar-benar menjadi solusi dan berpartisipasi secara nyata dalam membangun Kota Bogor serta mendukung pembangunan ekonomi kota.

Ia juga berharap ketua selanjutnya harus mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Harus banyak bertanya dan belajar dari komunitas, tokoh masyarakat, teman-teman media atau dari siapapun. Agar bisa menjadi penghubung dan memberikan sumbangsih bagi pembangunan ekonomi Kota Bogor,” tandasnya.

Menurutnya, saat pandemi Covid-19 ini semua sektor ditantang untuk berubah. Harus bisa pemanfaatan teknologi, pengetahuan dan meningkatkan keahlian. Belum lagi pandemi berdampak bertambahnya pengangguran serta berdampak pada UMKM Kota Bogor. Maka Hipmi Kota Bogor diharapkan punya andil dalam ekonomi recovery.

Baca Juga  Match-Fixing, Pelatih PSM: Kalau Anda Ingin Bukti, Saya Punya!

“Harus berperan aktif bagi masyarakat Kota Bogor. Ikut berpartisipasi dalam program ekonomi recovery, dengan adanya Hipmi UMKM Connection, Hipmi Academy dan lainnya,” imbuh Zulfikar.

Ditempat yang sama, Calon Ketua Hipmi Kota Bogor, Marwan Suherwan menjelaskan dirinya sangat perlu mengetahui peran Hipmi dimasa pandemi Covid-19. Selain itu, ia mengaku akan melanjutkan program Hipmi sebelumnya, seperti Hipmi UMKM Connection yang sudah punya ratusan anggota. Di mana Hipmi Kota Bogor memberikan akses modal.

“Kami juga akan gali satu potensi di kecamatan dan mengadakan bazaar dengan peserta pedagang sekitar wilayah kecamatan tersebut. Kemudian ada program Hipmi Academy dengan calon pengusaha dibina dan dibantu. Alhamdulillah terakhir diwisuda beberapa diantaranya sudah diberikan investasi modal usaha. Sehingga kami bisa mengurangi angka pengangguran. Program ini sudah menghasilkan ratusan alumni,” tandas Marwan.

Baca Juga  Polisi Tangkap Pria Pembunuh Kucing di Bekasi

Ia pun menegaskan Hipmi Kota Bogor siap bersinergi dan berkontribusi aktif dalam rangka pemulihan ekonomi Kota Bogor.

“Ada kata motivasi yang saya buat, ‘Jadikan kekurangan masa lalumu menjadi motivasi dan kekuatan untuk kemajuan di masa depan’. Saya lahir dari keluarga sederhana, jadi ketika saya jadi pengusaha saya, berjanji akan berbuat untuk kepentingan orang banyak,” tukasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *