Pemdes Kertajaya Beton Jalan, Akses Penghubung Dua Kampung Diguyur Samisade

by -

Warga Desa Kertajaya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, saat ini tidak lagi bingung saat bercocok tanam di lahan pertanian miliknya. Sebab, akses jalan setapak yang dulu sulit dilintasi sekarang sudah mulus.

UNTUK menyelaraskan kehidupan masyarakat, Pe­merintah Desa (Pemdes) Kertajaya, Kecamatan Rum­pin, Kabupaten Bogor, mem­buka akses jalan yang sebe­lumnya hanya petakan per­sawahan milik masyarakat. ”Dulu jalan ini sulit dijangkau. Bukan hanya roda dua, untuk jalan kaki saja sangat sulit,” terang Kepala Dusun (Kadus) 01, Madhata.

Ia menuturkan, pembu­kaan akses jalan tersebut menghubungkan beberapa kadus dan RW. Terutama Kampung Pabuaran Kelapa­dua RW 02 dan Kampung Bojongjaya RW 03 Desa Ker­tajaya.

”Tapi setelah dibangun, saat ini masyarakat sudah mer­deka. Akses jalan sangat mu­dah, roda dua dan empat sekarang sudah bisa masuk,” terang Uta, sapaan akrabnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Dukung Samisade Lanjut, Ini Syaratnya

Uta pun mengucapkan te­rima kasih kepada Kepala Desa (Kades) Kertajaya Rudi Jaya dan Bupati Bogor Ade Yasin yang sudah membangun akses jalan. Sebagai rasa syukur, warga Kampung Pa­buaran Kelapadua akan mem­belah tumpeng.

”Insya Allah masyarakat di sini akan belah tumpeng. Ini sebagai rasa syukur kami. Sekali lagi terima kasih saya ucapkan pada Pak Rudi Jaya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala De­sa (Kades) Kertajaya, Rudi Jaya, menambahkan, akses jalan tersebut sebelumnya sulit dijangkau. Adanya ke­kompakan masyarakat, mem­buat jalan tersebut sebelum­nya sudah dibuka masyarakat. ”Masyarakat kompak dan guyub. Setelah dilakukan pembukaan dan pengerasan baru dibetonisasi,” tutur Ru­jit, sapaan akrabnya.

Rujit menjelaskan, pembangunan akses jalan Kampung Pabuaran Kelapa­dua dan Kampung Bojongjaya sepanjang 500 meter dan lebar 3 meter ini bersumber dari Program Samisade tahap 2. ”Alhamdulillah masyarakat saat ini sudah tidak teriso­lasi lagi. Roda dua dan empat bisa masuk, sehingga per­ekonomian bisa meningkat,” terangnya.

Baca Juga  Camat Kemang Pelototi Proyek Pemerataan Lahan

Namun pada tahap 1, sam­bung dia, realisasi samisade sudah direalisasikan pada ruas jalan Kampung Pabua­ran RW 04 dan Kampung Bojongjaya dengan panjang 1.200 meter dan lebar 3 me­ter.

”Dengan adanya bantuan ini sangat tepat direalisasikan. Terlebih di tengah pandemi saat ini. Saya juga berharap masyarakat bisa merawatnya dan bisa menumbuhkan eko­nomi,” pungkasnya. (mul/c/ els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *