Perjuangan Kepsek Asep Hadirkan Internet di SMP Negeri 3 Sukamakmur

by -

METROPOLITAN.ID —Sudah setahun lebih sejak 4 Februari 2020 Asep Suherman menjabat Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sukamakmur Kabupaten Bogor. Dari kepemimpinannya itu pembangunan hingga sarana belajar mengajar sekolah ini terus berkembang.

Masa jabatan Magister Pendidikan asal Kecamatan Cariu itu kini sudah berakhir dan meninggalkan banyak perubahan. Dari tangannya, Asep membangun jaringan internet hingga listrik yang memadai bagi kelancaran belajar mengajar. Para siswa kini bisa menikmati internet sebagai salah satu sarana pembelajaran.

Asep pun menyulap semak belukar sekolah menjadi taman-taman yang cantik sehingga nyaman bagi para siswa sekolah. Tak sampai di situ, pria yang kini akan diamanahkan bertugas di SMP Negeri 2 Cileungsi itu memperjuangkan penataan kelas. Selain memugar bagunan yang usang, Asep membangun lapangan fasilitas siswa.

Di tengah pandemi COVID-19 ini perannya sangat penting dalam menjaga pembelajaran tetap berjalan. Sulitnya sinyal menjadi tantangan bagi Asep untuk mengadakan pembelajaran dengan hybrid antara tatap muka dan daring. Para siswa tetap mendapat asupan materi dengan guru yang bergilir mengajar ke lokasi siswa.

SMP Negeri Sukamakmur sendiri berada di Kampung Catang Malang, Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur yang letaknya berada di perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur. Menjadi pengajar di sini menjadi tantangan tersendiri. Sebab medan yang jauh, dengan sarana yang minim membuat pengabdian terasa sangat menantang.

Baca Juga  Truk Pasir Terguling di Bogor, Pemotor Tewas Diduga Tergencet

Namun mulai hari ini, Asep Suherman digantikan oleh kepala sekolah baru yakni seorang guru bernama SMP Negeri 4 Cibinong bernama Budiyanto yang juga magister pendidikan.

“Pak Budi ini sosok yang luar biasa menjadi pelopor dan memiliki potensi berkualitas luar biasa karena itu beliau diangkat jadi kepala sekolah. Beliau diberikan amanah tugas kita doakan jadi kepala sekolah yang dirindukan,” tutur Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Cibinong Dede Permana saat mengantarkan gurunya yang kini menjadi Kepala SMP Negeri 3 Sukamakmur, Kamis (4/11/2021).

Dalam perpisahan tersebut, Asep Suherman mengutarakan rasa syukurnya pernah bertugas di SMP Negeri 3 Sukamakmur. Di lokasi ini ia mengaku belajar bagaimana memperjuangkan pendidikan sekolah. Asep menceritakan, saat dirinya dilantik pada 27 Januari 2020 ke gedung Pemerintahan Kabupaten Bogor untuk dilantik menjadi kepala sekolah.

Kemudian saat pertama kali menginjakkan kaki, lsekolah tidak memiliki jaringan sinyal untuk mengakses internet. Ia pun kemudian bekerja sama dengan provider seluler dan pemerintahan desa untuk dapat mengakses jaringan internet.

Baca Juga  Kejar Target Vaksinasi Diakhir Tahun, Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Gandeng IDI

Asep juga mengisahkan pengalamannya, dalam beradaptasi di sekolah ini. Termasuk saat memberdayakan tanaman sayuran untuk dibudidayakan untuk dikonsumsi bersama.

“Alhamdulillah sekarang sudah nyaman sudah sudah ada wifi sinyal. Sekarang wifi sudah bisa diakses oleh guru dan para siswa, di sini warung jauh pak sehingga kami membudidayakan sayuran di sekolah untuk kita semua,” ungkap sambil mengenang saat pertama kali datang ke sekolah itu.

Di akhir kesempatan, Asep menyampaikan bahwa di sekolah ini ada enam ASN dan lima orang tenaga honorer. Perangkat itu mengajar di 9 rombongan belajar kelas 7, 8 dan kelas 9. Sekolah ini juga memiliki 3 rombongan belajar kelas jauh yang lokasinya jauh dari sekolah induk.

Untuk itu, dengan sepenuh hati dirinya mendoakan agar kepala sekolah baru dapat beradaptasi dan meneruskan program pendidikan sekolah yang belum terlaksana dari mulai peningkatan ruang kelas hingga lab IPA.

“Dan kami berharap bapak Budiyanto bisa melanjutkan program kami yang belum dilaksanakan. Akhir kata, sekian lama saya mohon maaf hanya segini yang saya bisa laksanakan dan mohon maaf sekali lagi jika ada kata-kata perlakuan yang kurang berkenan di hati bapak ibu semua di SMP 3 Sukamakmur mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Baca Juga  Kasus Wadas, IPW Menanti Sikap Tegas Kapolri

Kepala SMP Negeri 3 yang baru menjabat, Budiyanto menyampaikan amanah yang diembannya ini menjadi ibadah dan menjadi motovasi bagi dunia pendidikan untuk iklas berkontribusi dalam kemajuan pendidikan. Ia berpesan dengan segela keterbatasan yang ada SMP Negeri 3 Sukamakmur dapat meneruskan program agar memajukan pendidikan Kabupaten Bogor. “Keterbatasan kita tidak menghalangi agar kita terus maju,” cetusnya.

Seratusan siswa berjajar sepanjang jalan kampung menyambut kedatangan rombongan SMP Negeri 4 Cibinong diiringi lantunan rebana. Begitu juga para guru yang haru melepas kepala sekolah Asap Suherman.

Lepas sambut kepala sekolah ini merupakan tradisi sekaligus bentuk penghormatan sekolah dan masyarakat saat kedatangan sosok yang diharapkan mampu mengubah pendidikan di desa.

Para siswa guru dan masyarakat mengiringi doa kepala sekolah Asep Suherman agar terus mengembangkan pendidikan pendikan sekolah dan kedatangan Budiyanto sebagai kepala sekolah yang baru membawa perubahan pendidian di desa yang berada di ujung timur Kabupaten Bogor itu. (suf)

3 thoughts on “Perjuangan Kepsek Asep Hadirkan Internet di SMP Negeri 3 Sukamakmur

  1. Beliau adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan pada saat ini. Terbukti di SMPN 3 sukamakmur yang notabenya di ujung timur Kab.Bogor dapat berkembang pesat dibawah kepemimpinan beliau.sukses terus buat Pak Asep.

Leave a Reply

Your email address will not be published.