Persiapan Kongres JKPI ke-V Sudah 90 Persen, Kota Bogor Siap Perkenalkan Batutulis hingga UMKM Unggulan

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan persiapan acara Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang bakal dilaksanakan di Kota Bogor mulai dari Kamis hingga Minggu (2-5/11) nanti sudah mencapai 90 persen.

 

Kepastian itu diutarakan langsung Ketua Panitia Kongres JKPI ke-V, Dody Achdiat. “Kalau sampai saat ini kesiapan keseluruhan sudah 90 persen. Kita siap untuk menerima tamu dari perwakilan delegasi anggota JKPI se-Indonesia,” kata Dody.

 

Meski begitu, menurutnya, ada beberapa hal yang harus dimatangkan pihaknya dalam kegiatan Kongres nanti. Sebab, sebagai tuan rumah pihaknya ingin acara yang diselenggarakan nanti dapat memberikan kesan yang baik kepada para perwakilan delegasi yang hadir.

 

“Minimal acara selesai mereka (perwakilan delegasi) bisa melihat Kota Bogor yang indah. Ada cerita yang bisa dibawa ke daerah masing-masing bahwa Kota Bogor pantas menjadi kota destinasi wisata dan menjadi contoh bagi kota/kab lain khususnya terkait kota pusaka,” ucapnya.

Baca Juga  Dianggap Terlalu Menekan Saksi, Hakim Tegur Jaksa KPK saat Sidang Ade Yasin

 

Soal kota pusaka yang akan diperkenalkan Kota Bogor kepada para peserta Kongres nanti, dijelaskan Dody, Pemkot Bogor menunjuk situs Batutulis yang akan diperkenalkan kepada para delegasi.

 

Namun, bukan hanya memperlihatkan kepada para tamu mengenai situs tersebut terkait apa, mulai dari sejarah dan sebagainya. Melainkan, pihaknya juga akan memfasilitasi para pelaku budayawan dan pegiat seni di Kota Bogor untuk tampil di hadapan para tamu undangan.

 

“Jadi kita siapkan semacam panggung termasuk ada UMKM juga sebagian disana. Kesiapannya juga udah 90 persen termasuk pengisi acara disana nanti,” imbuh dia.

 

“Pokoknya banyak dan kita juga lagi pilih kira-kira (budayawan dan pegiat seni) mana yang layak untuk tampil disana. Karena kan di kita juga banyak pelaku budayawan dan pegiat seninya,” sambungnya.

Baca Juga  Hindari Polarisasi, Airlangga Hartarto Jadi Capres Paling Dipilih versi LKPI

 

Soal pameran UMKM, dilanjutkan Dody, sebenarnya tidak hanya dipamerkan di situs Batutulis saja. Pemkot Bogor nanti akan menyiapkan spot khusus atau semacam pameran UMKM bagi perwakilan masing-masing anggota JKPI di Bogor Creative Center (BCC), Bakorwil Kota Bogor.

 

“Nanti ada spot khusus pameran di BCC, tapi kita sedangkan matangkan lagi apakah cukup atau di tempat lain, ini masih dicari spotnya, tapi yang jelas UMKM yang terpilih yang kita tampilkan kepada para tamu undangan,” beber dia.

 

“(Jenis UMKM yang dipamerkan) Semua jenis. Mulai dari makanan, fashion hingga tempat wisata. Satu stand UMKM itu untuk masing-masing daerah, nanti mereka akan memajang atau memamerkan produk unggulan UMKM yang mereka miliki,” ungkap dia.

Baca Juga  Keluarga Minang Bogor Bakal Lantik 7 Pengurus Kecamatan

 

“Disitu juga nanti ada alamat di setiap produk yang ditawarkan, sehingga ketika tamu hendak membeli semacam makanan, oleh-oleh atau merchandise bisa langsung ke lokasi UMKM yang bersangkutan,” lanjutnya.

 

“Karena kan acara tidak 24 jam full. Jadi para peserta bisa berkeliling diluar kegiatan yang sudah ditentukan. Yang hadir bisa mencapai ribuan dan ini bisa meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di Kota Bogor,” tandas Dody. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *