Perumda AM Tirta Kahuripan Kedunghalang Bersihkan Jaringan, Optimalkan Pelayanan

by -

METROPOLITAN – Untuk menjaga kualitas air yang di­distribusikan kepada pelang­gan, Perusahaan Umum Dae­rah Air Minum (Perumda AM) Cabang Kedunghalang mela­kukan airscouring atau pem­bersihan jaringan pipa dari endapan, yang kemudian dibuang ke saluran pipa pen­gurasan di Perumahan Duta Kencana 2, Kecamatan Tanah­sareal, Kota Bogor.

Kegiatan rutin yang dilaks­anakan setiap bulannya itu dilakukan agar air yang ter­distribusi kepada pelanggan tidak keruh. “Kegiatan airs­couring dilakukan berdasar­kan adanya keluhan dari pelanggan yang dikarenakan airnya keruh,” kata Kepala Cabang Pelayanan Kedung­halang, Afriliyani.

Afriliyani menjelaskan tu­juan airscouring yaitu untuk mencuci jaringan, sehubung­an air yang didistribusikan kepada pelanggan adalah air hasil olahan yang pasti ter­dapat endapan. “Secara tek­nis, kita menggunakan kom­presor bertekanan tinggi untuk membuang endapan yang ada di jaringan pipa ke saluran pipa pengurasan,” jelasnya.

Baca Juga  Perumda Tirta Kahuripan Berbagi di Tengah Pandemi

Sebelumnya, Perumda AM Tirta Kahuripan Cabang Ke­dunghalang mengimbau seluruh pelanggan di Duta Kencana 2 untuk menampung air terlebih dahulu karena kegiatan ini menyebabkan gangguan pengaliran air ber­sih. Namun, diupayakan air dapat mengalir kembali se­cara normal kepada pelanggan.

Pelaksanaan airscouring dinyatakan berhasil apabila tingkat kekeruhan air di bawah 5 Ntu, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 kadar mak­simum yang diperbolehkan sebesar 5 Ntu. ”Nah, untuk mengeceknya, di saluran pipa pengurasan kami meng­gunakan turbidimeter. Yaitu alat untuk mengecek kadar kekeruhan air. Besok kami akan lanjut airscoring di Pe­rumahan Bogor Upaya Griya, yang total jumlah pelanggan 428 SL,” pungkas Afriliyani. (*/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.