Presiden Jokowi Ajak Empat Dubes ke Bogor, Tinjau Pusat Persemaian Rumpin yang Bisa Produksi 12 Juta Bibit

by -

Presiden Joko Widodo meninjau langsung persemaian modern di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Sabtu (20/11). Kunjungan itu menunjukkan keseriusan Pemerintah Indonesia dalam menangani dampak perubahan iklim.

JOKOWI mengaku pihaknya ingin menunjukkan bahwa Indonesia serius dalam me­nangani dampak perubahan iklim. ”Kita tunjukkan nur­sery center ini yang bisa se­tahun memproduksi kurang lebih 12 juta bibit,” katanya.

Selepas melihat video tentang pusat persemaian tersebut, Jokowi mengajak para dubes berkeliling meninjau sejum­lah fasilitas, seperti area per­kecambahan, area rumah produksi, area aklimatisasi, hingga area penanaman ter­buka. Sejumlah bibit pohon yang disiapkan nantinya akan ditanam di lahan-lahan kritis yang membutuhkan.

”Tadi saya ditunjukkan mengenai bibit albasia atau sengon, kemudian bibit eu­calyptus, bibit jati. Ada juga bibit mahoni yang semuanya kita produksi di sini. Dan kita harapkan nanti di Januari bibit-bibit ini sudah mulai keluar untuk ditanam di tem­pat-tempat yang sering ban­jir, yang sering longsor, yang memerlukan rehabilitasi un­tuk lahan-lahan kritis,” jelas­nya.

Baca Juga  Jokowi Ajak Masyarakat Berantas Terorisme

Jokowi berharap dengan membangun pusat perse­maian seperti di Rumpin, bisa memperbaiki lingkungan dan menangani dampak pe­rubahan iklim di sisi hulu. Ia menargetkan akan membuat kurang lebih 30 pusat perse­maian serupa dalam tiga tahun ke depan.

”Kita akan membikin dalam tiga tahun ke depan kurang lebih 30 seperti ini dari pe­merintah. Tetapi juga saya akan memaksa mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit, perusahaan per­tambangan untuk juga me­nyiapkan nursery-nursery seperti ini sehingga juga akan terjadi perbaikan-perbaikan di lingkungan dimana per­tambangan itu ada, dimana kebun sawit itu ada,” ujar Jo­kowi.

Sementara itu, Menteri Ling­kungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam keterang­an tertulisnya menyebut ba­hwa sejak 2020 telah dipersi­apkan enam lokasi pusat persemaian dan secara ber­tahap akan dibangun.

Baca Juga  Gibran Rakabuming 'Ciduk' Akun yang Hina Ayahnya

”Nursery Centre Rumpin akan menjadi contoh untuk penyelesaian kelima nursery lainnya. Nursery Centre Rum­pin merupakan model peker­jaan public-private partnership (KLHK-PUPR-APRIL). Peker­jaan utama persemaian telah selesai konstruksi. Produksi bibit 1 juta sebulan atau 12 juta setahun,” bebernya.

Jokowi tiba di Persemaian Modern Rumpin sekitar pukul 09:33 WIB bersama sejumlah duta besar negara sahabat, yaitu Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Du­bes Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Dubes Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen. (mul/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *