Proyek Surken Rp30 M Ganjal Ngaspalnya Biskita Transpakuan di Bogor, Kok Bisa?

by -
Kepala Dishub Kota Bogor Eko Prabowo. (Dok. Metropolitan.id)

METROPOLITAN.id – Bus program Buy The Service (BTS) Biskita Transpakuan sudah ngaspal di koridor 5 Stasiun Bogor-Terminal Ciparigi sejak awal November lalu. Namun keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk membuka Koridor 3 dan 4 untuk Biskita Transpakuan batal terlaksana di sisa tahun ini.

Musababnya, dua koridor tersebut melalui Jalan Suryakencana, yang saat ini tengah mendapat sentuhan penataan kawasan yang meliputi perbaikan jalan dan pedestrian. Proyek yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp30 miliar. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo.

Menurutnya, adanya penataan kawasan di sekitar Jalan Suryakencana membuat operasional Biskita Transpakuan di Koridor 3 (Terminal Bubulak-Ciparigi) dan Koridor 4, (Ciawi-Ciparigi), mesti tertunda. Kalau dipaksakan berjalan, sambung dia, jelas tidak akan mencapai rupiah per kilometer.

Baca Juga  Jabar Bergerak Ajak Warga Bogor Bantu Haris

“Jadi koridor 3 kita breakdown untuk tahun depan, berikut juga koridor 4,” katanya, belum lama ini.

Di sisi lain, unit Biskita Transpakuan bakal kembali bertambah dengan adanya 10 bus tambahan yang akan beroperasi di koridor 6, yakni Warungjambu-Parungbanteng via Jalan Regional Ring Road (R3). Jika ditotal sementara, tahun ini Kota Bogor akan mendapat 20 unit bus besutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) itu.

Ia pun berharap koridor lain bisa segera beroperasi seiring rampungnya proyek penataan kawasan pecinan Suryakencana, Desember mendatang. Jika dipaksakan ngaspal, bus yang beroperasi di trayek tersebut tidak bisa diperkirakan rupiah per kilometernya.

“Bahkan, standar pelayanan minimalnya tidak akan tercapai,” tegas Danjen, sapaan karibnya.

Baca Juga  Nggak Taat Prokes? Siap-Siap Dijaring Petugas di Bogor

Mantan kadispora itu menambahkan, 10 bus baru tengah dilakukan pemeriksaan fisik di pool bus Lorena dan segera dilakukan uji kir di Dishub Kota Bogor oleh para fungsional penguji kendaraan bermotor. Sambil dipersiapkan plat kuningnya.

“Akan kita selesaikan kir-nya, untuk mengisi Koridor 6, kalau mau lihat kawasan Summarecon, ke Air Mancur naik bus ini ke arah Parung Banteng membelah dr tengah ke utara. Ini semuanya sudah diperhitungkan matang-matang,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *