Proyek Surken Rp30 M Ganjal Ngaspalnya Biskita Transpakuan di Bogor

by -

METROPOLITAN – Bus Pro­gram Buy The Service (BTS) Biskita Transpakuan sudah mengaspal di koridor 5 Sta­siun Bogor-Terminal Ciparigi sejak awal November. Namun, keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuka Koridor 3 dan 4 untuk Biskita Transpakuan batal terlaksana di sisa tahun ini.

Sebab, dua koridor tersebut melalui Jalan Suryakencana yang saat ini tengah menda­patkan sentuhan penataan kawasan yang meliputi per­baikan jalan dan pedestrian. Proyek tersebut bersumber dari dana Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN) sebesar Rp30 miliar. Hal tersebut di­ungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo.

Adanya penataan kawasan di sekitar Jalan Suryakencana, sambung Eko, membuat ope­rasional Biskita Transpakuan di Koridor 3 (Terminal Bu­bulak-Ciparigi) dan Koridor 4 (Ciawi-Ciparigi) mesti ter­tunda. Kalau dipaksakan ber­jalan jelas tidak akan menca­pai rupiah per kilometer. “Jadi, Koridor 3 kita breakdown untuk tahun depan, berikut juga Koridor 4,” katanya, belum lama ini.

Baca Juga  Cerita Agus Terpilih Jadi Sopir Biskita Trans Pakuan, Dijanjikan Gaji UMR plus Tunjangan, Ingin Lebih Sejahtera

Di sisi lain, Unit Biskita Trans­pakuan bakal kembali bertam­bah dengan adanya sepuluh bus tambahan yang akan be­roperasi di Koridor 6, yakni Warungjambu-Parungbanteng via Jalan Regional Ring Road (R3). Jika ditotal sementara, tahun ini Kota Bogor akan mendapatkan 20 unit bus be­sutan Badan Pengelola Trans­portasi Jabodetabek (BPTJ) itu.

Ia berharap koridor lain bisa segera beroperasi seiring ram­pungnya proyek penataan kawasan pecinan Suryaken­cana pada Desember 2021. Jika dipaksakan mengaspal, bus yang beroperasi di trayek ter­sebut tidak bisa diperkirakan rupiah per kilometernya. “Ba­hkan, standar pelayanan mi­nimalnya tidak akan tercapai,” tegas Danjen, sapaan karibnya.

Mantan kadispora itu me­nambahkan, sepuluh bus baru tengah dilakukan pemeriksa­an fisik di pool bus Lorena dan segera dilakukan uji kir di Dishub Kota Bogor oleh fungsional penguji kendara­an bermotor, sambil dipersi­apkan pelat kuningnya.

Baca Juga  Perbaiki Pool Biskita Transpakuan Kota Bogor, Bima Arya bakal Jual Bus ’Butut’ PDJT

“Akan kita selesaikan KIR-nya untuk mengisi Koridor 6. Kalau mau lihat kawasan Sum­marecon, ke Air Mancur naik bus ini ke arah Parungbanteng membelah dari tengah ke utara. Ini semua sudah dip­erhitungkan matang-matang,” tuntasnya. (ryn/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.