Proyek Surken Rp30 M Ganjal Ngaspalnya Biskita Transpakuan di Bogor

by -

METROPOLITAN – Bus Pro­gram Buy The Service (BTS) Biskita Transpakuan sudah mengaspal di koridor 5 Sta­siun Bogor-Terminal Ciparigi sejak awal November. Namun, keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuka Koridor 3 dan 4 untuk Biskita Transpakuan batal terlaksana di sisa tahun ini.

Sebab, dua koridor tersebut melalui Jalan Suryakencana yang saat ini tengah menda­patkan sentuhan penataan kawasan yang meliputi per­baikan jalan dan pedestrian. Proyek tersebut bersumber dari dana Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN) sebesar Rp30 miliar. Hal tersebut di­ungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo.

Adanya penataan kawasan di sekitar Jalan Suryakencana, sambung Eko, membuat ope­rasional Biskita Transpakuan di Koridor 3 (Terminal Bu­bulak-Ciparigi) dan Koridor 4 (Ciawi-Ciparigi) mesti ter­tunda. Kalau dipaksakan ber­jalan jelas tidak akan menca­pai rupiah per kilometer. “Jadi, Koridor 3 kita breakdown untuk tahun depan, berikut juga Koridor 4,” katanya, belum lama ini.

Baca Juga  Bima Arya Imbau PNS Ngantor Naik Biskita Transpakuan

Di sisi lain, Unit Biskita Trans­pakuan bakal kembali bertam­bah dengan adanya sepuluh bus tambahan yang akan be­roperasi di Koridor 6, yakni Warungjambu-Parungbanteng via Jalan Regional Ring Road (R3). Jika ditotal sementara, tahun ini Kota Bogor akan mendapatkan 20 unit bus be­sutan Badan Pengelola Trans­portasi Jabodetabek (BPTJ) itu.

Ia berharap koridor lain bisa segera beroperasi seiring ram­pungnya proyek penataan kawasan pecinan Suryaken­cana pada Desember 2021. Jika dipaksakan mengaspal, bus yang beroperasi di trayek ter­sebut tidak bisa diperkirakan rupiah per kilometernya. “Ba­hkan, standar pelayanan mi­nimalnya tidak akan tercapai,” tegas Danjen, sapaan karibnya.

Mantan kadispora itu me­nambahkan, sepuluh bus baru tengah dilakukan pemeriksa­an fisik di pool bus Lorena dan segera dilakukan uji kir di Dishub Kota Bogor oleh fungsional penguji kendara­an bermotor, sambil dipersi­apkan pelat kuningnya.

Baca Juga  Sudah Enak Gratisan, Biskita Disetop Dadakan

“Akan kita selesaikan KIR-nya untuk mengisi Koridor 6. Kalau mau lihat kawasan Sum­marecon, ke Air Mancur naik bus ini ke arah Parungbanteng membelah dari tengah ke utara. Ini semua sudah dip­erhitungkan matang-matang,” tuntasnya. (ryn/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.