PT Indocement Tegaskan Wujudkan Semen Hijau

by -

METROPOLITAN – PT In­docement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement atau Per­seroan) mewujudkan komit­mennya terhadap ‘Semen Hijau’ melalui roadmap lima tahun sampai 2025. Komitmen hijau ini tampak jelas dalam slogan perusahaan yaitu ‘Ma­terial to Build Our Future’ dan sejalan dengan misi Indoce­ment untuk memprioritaskan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, so­cial, and governance/ESG).

Direktur & Corporate Secre­tary PT Indocement Antonius Marcos mengaku pihaknya selalu melakukan berbagai upaya untuk berpikir jauh ke depan dengan memanfaatkan teknologi terkini, mengutama­kan efektivitas, dan kecepatan dalam menjalankan bisnis, serta berusaha menjadi lebih baik dalam menjalankan ke­giatan bisnis.

”Kegiatan bisnis itu harus berjalan tanpa mengesam­pingkan komitmen untuk menciptakan nilai bagi segenap pemangku kepentingan dan menjalankan bisnis yang ra­mah lingkungan secara ber­kelanjutan,” kata Marcos da­lam rilis resminya yang dite­rima media, (24/11).

Baca Juga  Diinisiasi Indocement, Warga Bantarjati Ikut Kejar Paket

Ia menyebut Tim Manajemen Energi Indocement dibantu HeidelbergCement Techno­logy Center (HTC) telah mengembangkan program konservasi energi dan Ren­cana Roadmap untuk efisien­si energi dan penurunan CO2.

”Menurunkan Emisi Debu di Fasilitas Produksi Indoce­ment Sejak 2015, Indocement telah terus menerus menu­runkan emisi debu dengan memasang Bag Filter untuk menggantikan Electrostatic Precipitators,” bebernya.

Pada 2020, sambungnya, emisi debu rerata Indocement jauh berada di bawah standar yang ditetapkan pemerintah (19,5 mg/Nm3 vs. 60 mg/Nm3).

Tak hanya itu, Marcos men­jelaskan jajarannya terus me­ningkatkan bahan bakar al­ternatif demi mengganti bahan bakar fosil. Karena persyara­tan lingkungan menjadi lebih ketat dan tuntutan kepatuhan dari otoritas meningkat.

”Indocement telah mene­tapkan target untuk mening­katkan penggunaan bahan bakar alternatif sebesar 25% pada 2025, menggunakan le­bih banyak bahan baku alter­natif, mengganti klinker, dan menggunakan sumber energi terbarukan untuk sumber daya listrik,” tegasnya. (*/eka/run)

Baca Juga  Indocement Catat Penjualan Semen dan Klinker Capai 4,1 Juta Ton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *