Punya Aplikasi Mobile JKN, Dadi Rasakan Beribu Manfaat Layanan Kesehatan

by -

METROPOLITAN.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus memberikan kemudahaan fasilitas dan akses pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satunya di era digitalisasi dan saat pandemi seperti ini, BPJS Kesehatan mengoptimalkan inovasi aplikasi Mobile JKN demi meningkatkan pelayanan terhadap peserta.

Kemudahaan mengakses pelayanan melalui inovasi ini pun ikut dirasakan Dadi Septiadin (27), salah satu peserta JKN-KIS dari Kota Bogor. Buatnya, di era digitalisasi seperti sekarang, masyarakat sangat membutuhkan layanan yang cepat namun bisa mudah diakses dimana saja.

Dadi mengakui, sejak mengunduh aplikasi Mobile JKN pada ponselnya, Dadi telah memaksimalkan manfaat Mobile JKN untuk mendapatkan layanan dan kemudahan tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Apalagi bagi Dadi yang bekerja sebagai desain pracetak di salah satu media massa cetak lokal di Bogor, persoalan kesehatan menjadi sangat penting. Menjadi peserta JKN-KIS sangat penting karena bekerja di sektor yang rentan permasalahan kesehatan. Dadi tidak merasa menjadi peserta JKN-KIS tidak bermanfaat.

Baca Juga  New Normal dan Ancaman Pandemi

Sebab, kata Dadi, kita tidak tahu kapan bakal terjadi persoalan kesehatan di saat kita fokus pada pekerjaan masing-masing.

“Untuk pekerja media cetak seperti kami, persoalan kesehatan menjadi penting. Kami baru masuk kantor itu sore hari, lalu selesai deadline malam hingga jelang dini hari. Sehingga sangat rentan, sering kena angin malam lah, Menjadi peserta JKN-KIS sangat membantu.

Saya yang sudah lama merantau di Kota Hujan ini sangat terbantu karena saya bisa fokus kerja, fokus meningkatkan kualitas kreatifitas di media cetak kita, agar bisa terus menarik minat dan tidak ditinggal para pembaca,” ucap Dadi.

Pria asli Bima, Nusa Tenggara Barat itu juga makin merasa dimudahkan dengan inovasi dari BPJS Kesehatan yakni aplikasi Mobile JKN. Dadi mengakui sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN lebih dari setahun lalu.

Baca Juga  Driver Ojol Lansia di Bogor Dapat Jatah Vaksin

Buatnya, banyak sekali inovasi dalam fitur-fitur lain di dalam aplikasi yang sangat memudahkan para peserta BPJS Kesehatan. Selain kartu JKN-KIS digital, ada fitur antren online. Di mana menurut pengalamannya, sangat memudahkan dirinya dalam mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes).

“Banyak sekali fitur dan menu yang ada di aplikasi ini, misalnya fitur kartu digital, seringkali saya lupa bawa kartu, ketinggalan dompet lah, ketinggalan tas lah. Nah kalau ponsel kan itu jarang sekali lupa, selalu ingat untuk dibawa. Otomatis ya aplikasi itu sangat membantu sekali lah, sangat bermanfaat, Pengalaman saya dengan Mobile JKN memudahkan dalam mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” tandas pria yang tidak bisa lepas dari topi ini.

Baca Juga  Curug Ngumpet Yang Eksotik

Tak hanya itu, Mobile JKN juga dianggap memudahkan dalam memastikan status kepesertaan karena lewat aplikasi ia bisa memeriksa secara rutin bagaimana iuran yang ditanggung dengan mudah dan hanya lewat genggaman.

“Ini juga penting. Kita tahu berapa yang harus dibayarkan. Bagaimana statusnya sekarang. Intinya nggak ada kerugian, sangat bermanfaat punya JKN-KIS. Apalagi ditunjang aplikasi Mobile JKN yang memudahkan akses kita di mana saja kapan saja. Intinya satu aplikasi beribu manfaat lah,” tuntas Dadi. (*/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.