Saat Pandemi, Pemkab Bogor Berhasil Turunkan Angka Pengangguran

by -

METROPOLITAN – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam menekan angka pengangguran akhirnya berbuah manis. Data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Kabupaten Bogor tahun ini turun cukup signifikan. “Ini berdasarkan data BPS. Tahun ini angka pengangguran menurun sangat signifikan, berkurang 2,07 persen dari 14,29 persen menjadi 12,22 persen” kata Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar atau akrab disapa Gus Udin itu.

Ia menyebutkan, jumlah pengangguran yang semula tercatat ada 390.7321 orang pada 2020, tahun ini jumlahnya berkurang 50.127 orang, sehingga menjadi 340.604 orang.

Merujuk pada data BPS, penurunan angka pengang­guran di Kabupaten Bogor tahun ini merupakan yang tertinggi dibandingkan kota/ kabupaten lain di Jawa Barat.

Menurutnya, kondisi terse­but merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilaku­kan Pemkab Bogor di bawah kepemimpinan Bupati Ade Yasin dalam melakukan pe­mulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga  FMP 2019 Bikin Bogor Mendunia

Salah satunya dengan mem­benahi sistem pencari kerja bernama Bogor Career Cen­ter (BCC) melalui Dinas Te­naga Kerja.

Sistem yang sudah ada se­jak beberapa tahun lalu itu dioptimalkan fungsinya dengan menggandeng Aso­siasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan para peng­embangan sumber daya manusia di berbagai peru­sahaan untuk penyediaan lapangan kerja. Sebab sem­pat terjadi lonjakan angka pengangguran di Kabupaten Bogor tahun lalu sebanyak 5,23 persen dari 9,06 persen menjadi 14,29 persen.

Kondisi tersebut berimpli­kasi pada meningkatnya angka kemiskinan di Kabu­paten Bogor dari semula 6,66 persen pada 2019 meningkat menjadi 7,69 persen pada 2020. (*/mam/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *