Sempat Kena Rasionalisasi Rp10 M, Jatah Anggaran RTLH Kota Bogor Batal Dipangkas

by -
ILUSTRASI. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Bogor tahun 2022 antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah menghangat.

Musababnya, rencana alokasi anggaran untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menyusut 1.000 unit karena terkena rasionalisasi. Dari rencana mengkaver 4.500 unit, menjadi 3.500 unit setelah dirasionalisasi.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih, awalnya Pemkot Bogor merencanakan anggaran bantuan RTLH pada RAPBD 2022 sebesar Rp45 miliar untuk 4.280 unit RTLH se-Kota Bogor.

Namun karena saat pembahasan RAPBD tahun 2022 sempat defisit hingga Rp84 miliar, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pun melakukan rasionalisasi, salah satunya mengurangi alokasi untuk bantuan RTLH.

“Awalnya dianggarkan untuk RTLH pada 2022 itu sekitar Rp45 miliar, untuk 4.280 RTLH. Namun sempat dikurangi Rp10 miliar atau setara 1.000 unit. Kena rasionalisasi untuk menutup defisif rencana anggaran 2022,” katanya saat ditemui Metropolitan.id, Jumat (26/11).

Baca Juga  Ini Biang Kerok Bogor Utara Jadi Langganan Banjir

Tetapi dari kabar terakhir yang diterima, sambung dia, alokasi anggaran RTLH pada RAPBD tahun 2022 dikembalikan ke posisi rencana awal alias tidak jadi kena pangkas.

“Info terakhir dikembalikan lagi ke Rp45 miliar, tidak jadi dikurangi (1.000 unit), tetap segitu untuk 4.280 unit RTLH,” tukas Esti, sapaan karibnya.

Mantan camat Bogor Barat itu juga memahami DPRD Kota Bogor yang akhirnya mempertanyakan kebijakan tersebut, mengingat bantuan RTLH merupakan salah satu program prioritas Pemkot Bogor.

Sebab menjadi salah satu janji kampanye Bima Arya di periode kedua kepemimpinannya sebagai wali Kota Bogor. Diketahui pada periode kepemimpinan 2019-2024 ini, Bima Arya berkomitmen untuk memberikan bantuan untuk 20 ribu unit RTLH.

“RTLH ini program prioritas Pemkot Bogor. Nggak aneh pengurangan anggaran RTLH ini jadi sorotan. Sebab Pemkot Bogor punya target bantu 20 ribu RTLH sampai 2024. Kalau capaian sekarang ini sih sudah mencapai sekitar 17 ribu RTLH,” tandasnya.

Baca Juga  Sdn Bondes 1 Optimis Wakili Kota Bogor

Di sisi lain, capaian bantuan RTLH dari Pemkot Bogor pada tahun 2021 ini disebut sudah mencapai 5.780 unit RTLH, dari target sasaran pengajuan sebanyak 6.506 unit RTLH. Sisanya, kata, sebagian besar masih dalam tahap administrasi sebelum pencairan.

“Ada 327 RTLH yang masih dalam bentuk proposal pengajuan, Lalu ada 139 unit yang sedang dalam proses di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Serta pengajuan 399 unit RTLH yang gagal pencairan karena sudah menerima bantuan dari sumber dana lainnya, baik dari pusat atau Pemprov Jawa Barat,” ucap Esti.

Sebelumnya, DPRD Kota Bogor masih melakukan RAPBD 2022 dengan TAPD Kota Bogor, terkait rasionalisasi. Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan, salah satu program prioritas yang diusulkan dikurangi oleh TAPD adalah terkait jumlah bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dari rencana semula sebanyak 4.500 sasaran, dikurangi seribu menjadi hanya 3.500 penerima.

Baca Juga  Sepi Manggung, Ruri Repvblik Terjun ke Dunia Bisnis, Buka Outlet Es Permen Karet di Kota Bogor

“Salah satu hal yang krusial adalah terkait anggaran RTLH. Banyak warga yang membutuhkan. Mendesak dianggarkan, sementara anggaran untuk infrastruktur tengah kota ataupun pembebasan lahan yang belum jelas urgensinya seharusnya dapat ditunda,” tandasnya.

Sedangkan, Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor Eka Wardhana juga menyinggung soal rencana adanya rasionalisasi RTLH sebanyak 1.000 rumah. Ia meminta agar sebelum melakukan rasionalisasi, TAPD memberikan informasi terlebih dahulu kepada DPRD Kota Bogor wilayah mana saja yang akan dirasionalisasi.

“Kami berharap informasi ini lebih awal diberikan ke kami. Kami berharap itu tidak dilakukan, apalagi kalau dikaitkan dengan program kerja walikota kan untuk mengurangi RTLH,” tuntas politisi Golkar itu. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.