Tahan Imbang Chelsea, MU Disebut Beruntung

by -

METROPOLITAN – Man­chester United sukses mena­han imbang Chelsea pada laga pekan ke-13 Premier League 2021/2022. Dalam laga yang dihelat di Stamford Bridge, Minggu (28/11) malam WIB, Setan Merah memaksa tuan rumah berbagi angka 1-1.

United unggul dulu melalui sepakan Jadon Sancho. Ke­mudian, Chelsea membalas melalui eksekusi penalti Jor­ginho. Setan Merah memang sukses meraih satu angka pada laga tersebut. Namun, hasil imbang ini sama sekali tak menggambarkan jalannya pertandingan.

Secara statistik, skuat besu­tan Michael Carrick ini layak dibilang sekadar beruntung tak menelan kekalahan pada laga ini. Ada sejumlah catatan yang menunjukkan betapa United tampil inferior kala menghadapi Chelsea. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga  Adu Gengsi!

Secara permainan, tak ada hal yang menunjukkan Man­chester United layak menang pada laga ini. Secara statistik, Setan Merah kalah segalanya dari Chelsea pada laga terse­but. Dari segi penguasaan bola, United harus mengakui keunggulan Chelsea.

Pada laga ini, menurut laman Whoscored, United hanya menguasai bola sebanyak 34,4%. Sementara, menurut laman statistik tersebut, Chel­sea mendominasi dengan penguasaan bola sebanyak 65,6%.

Dari catatan Pass Allowed Per Defensive Action (PPDA), Chelsea pun unggul. Mereka hanya memberi kesempatan para penggawa United mela­kukan rata-rata 5,38 umpan sebelum kehilangan bola.

Sebaliknya, para penggawa Chelsea rata-rata mampu melepas 16,7 umpan sebelum kehilangan bola. Kalah uru­san penguasaan bola, United juga kalah dalam mencip­takan peluang. Catatan peluang United dan Chelsea pada laga ini sangatlah jom­plang.

Baca Juga  The Reds Naik Tingkat

Menurut laman Whoscored, pada laga ini, United hanya tiga kali melepas tembakan. Itu pun hanya dua dari tiga tembakan mereka yang me­nyasar gawang Edouard Mendy.

Sebaliknya, Chelsea melepas 24 tembakan ke gawang Man­chester United. Enam di an­tara 24 tembakan tersebut, termasuk satu sepakan penal­ti, mengarah ke gawang David De Gea.

Tak salah jika United disebut sangat dinaungi dewi fortuna pada laga ini. Dari sebuah skema serangan balik, yang dilanjutkan kesalahan pemain Chelsea, Jadon Sancho mam­pu membobol gawang Men­dy. Nilai xG peluang Sancho tersebut ada di angka 0,51, lebih dari 90% nilai xG United pada laga tersebut.

Tak hanya beruntung mam­pu mencetak gol, United beruntung hanya kebobolan satu gol pada laga tersebut. Keberuntungan ini datang dalam wujud buruknya penye­lesaian akhir para penggawa Chelsea. (dtk/suf/run)

Baca Juga  Penawar Luka!

Leave a Reply

Your email address will not be published.