Tampilkan Ornamen Pahlawan Nasional dan Bogor, Tugu Monumen Pahlawan Dreded Diresmikan

by -
Dok. Prokompim Kota Bogor

METROPOLITAN.id – Revitalisasi Tugu Monumen Pahlawan yang berada di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded yang sudah rampung sejak 6 November lalu, akhirnya diresmikan langsung oleh Danrem 061 Suryakancana, Brigjen TNI Ahmad Fauzi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya, Rabu (10/11).

Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan peresmian dan renovasi monumen merupakan bentuk perhatian dan penghargaan Pemkot Bogor kepada para pahlawan. Keberadaan TMP Dreded merupakan sejarah yang tidak bisa dilupakan dan menjadi pemicu semangat untuk berjuang lebih baik lagi.

“Kondisi saat ini ada karena adanya sejarah perjuangan para pahlawan dalam rangka memperjuangkan yang terbaik dalam rangka kebaikan, kemajuan dan perubahan untuk bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Hari Pahlawan, kata dia, adalah tonggak sejarah untuk belajar dari para pahlawan yang telah berjuang melawan dan mengalahkan kekuatan yang lebih besar. Dengan modal kekuatan doa seluruh rakyat Indonesia dan kekuatan para pejuang luar biasa dari para pejuang.

Baca Juga  Revitalisasi Plaza, Dinas Koperasi Gelontorkan Rp900 Juta

“Semangat inilah yang harus kita warisi, semangat yang tidak pernah padam. Hari Pahlawan diharapkan menjadi inspirasi untuk kita dapat berbuat yang lebih baik untuk kemajuan, perbaikan dan pembangunan. Jangan lupa empat pedoman yang harus tetap kita jaga, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ini adalah modal yang harus diperjuangkan dan terus dipertahankan,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, renovasi yang dilakukan tidak berhenti sampai disini. Sebab Pemkot Bogor dengan dukungan DPRD Kota Bogor dan pihak terkait lainnya akan terus melanjutkannya.

“Rencananya akan ada rumah singgah, taman dan titik yang membuat para generasi muda Kota Bogor mampu mengenali kiprah sosok-sosok pahlawan yang beristirahat di TMP Dreded sebagai pembelajaran dan inspirasi serta berkah bagi semua,” katanya.

Baca Juga  Kompetisi Bola Mini Ajang Cari Bibit Unggulan U-10

Bima Arya menyebutkan, di TMP Dreded ada 1.072 jasad pahlawan yang bersemayam dari kapasitas 1.300 makam. Menurutnya, Pemkot Bogor sejak lama ingin lebih menghormati dan memuliakan para pahlawan dengan menyempurnakan terus TMP Dreded sebagai penghormatan dan penghargaan atas seluruh jasa yang dilakukan para pahlawan mengorbankan jiwa raga, keluarga dan kehidupan pribadinya.

Ke depan, Pemkot Bogor memiliki keinginan untuk menghidupkan seluruh cerita tentang kepahlawanan hingga anak, cucu dan akhir zaman.

“Mereka layak mendapatkan penghargaan dan kemuliaan yang setinggi-tingginya dari kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor Fahrudin menuturkan, monumen yang baru menelan biaya sekitar Rp960 juta dengan konsep baru yang dirancang Dinsos Kota Bogor bersama Kodim 0606 Kota Bogor.

Baca Juga  Tujuh Orang Gugur Tes Lelang Jabatan Eselon II

Monumen terbaru ini berkonsep nuansa taman, namun tetap tidak menghilangkan nilai-nilai budaya. Salah satunya ada unsur kujang dan ornamen lain seperti pada umumnya TMP.

“Untuk temanya, mengusung kolaborasi pahlawan nasional dan pahlawan Bogor, diantaranya ada lukisan timbul yang terbuat dari perunggu bergambar Jenderal Sudirman serta dua pahlawan lokal Bogor, Mayor Oking dan Kapten Muslihat,” ucapnya.

Kedepan, lanjutnya, TMP Dreded masih akan dibenahi secara bertahap. Rencana akan ada penambahan ornamen atau perbaikan-perbaikan mulai dari pagar pintu masuk hingga pintu keluar. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *