TAPD Sisakan Waktu Dua Pekan, R-APBD 2022 Masih Defisit Rp1,5 T

by -

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk menyelesaikan defisit keuangan pada pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) 2022.

“POSISI defisit saat ini masih sekitar Rp1,5 triliun. Senin (pekan depan) akan kita bahas lagi,” ungkap Ke­tua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Menurutnya, pembahasan APBD Murni 2022 ini harus selesai akhir November 2021. Sebelum pengesahan nanti, DPRD Kabupaten Bogor kini tengah melaksanakan reses di setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

Menurut Rudy, reses yang dilaksanakan tiga hari sejak Senin (15 November) itu untuk menampung aspirasi masyarakat yang kemudian dipertimbangkan mana saja yang akan dimasukkan dalam APBD 2022. “Tidak ada anggaran yang kita coret, hanya saja dilakukan ranking. Kita pilah mana saja yang masuk skala prioritas. Reses ini salah satunya,” paparnya.

Senada dengan Rudy, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman, mengatakan, di sisa waktu pembahasan APBD ini pi­haknya akan kembali mela­kukan penyelerasan dengan dinas-dinas. Apalagi, jumlah defisit dalam pembahasan kali ini cukup besar. “Kita harus merasionalisasi pro­gram dan kegiatan, karena defisitnya juga besar sekali. Nanti tergantung TAPD, wa­jar defisitnya berapa, seum­pamanya Rp500 miliar dan itu yang nantinya akan dit­utup Silpa,” katanya.

Baca Juga  2.531 Guru Ngaji Terima Insentif

Usai pengesahan APBD 2022, Usep meminta Pemkab Bogor tidak melakukan re­focusing anggaran kaitan kebutuhan rutin, seperti gaji, pembayaran listrik ge­dung pemerintahan serta lainnya. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, di mana TAPD melakukan re­focusing anggaran untuk keperluan gaji ASN dan ke­butuhan operasional. “Kita juga sudah memberikan peringatan keras agar tidak me-refocusing anggaran ru­tin. Karena itu akan muncul lagi kebutuhannya seperti yang terjadi pada APBD 2021,” ujar Usep. (mam/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *