Telkomsel Kenalkan Solusi Keamanan Siber

by -

METROPOLITAN – Saat ini banyak perusahaan di Tanah Air yang aktif dalam ekosistem digital mulai terganggu dengan ancaman-ancaman siber dari para penjahat siber. Ha­rus diakui, Indonesia memang lemah dalam hal aspek keta­hanan sibernya.

Hal itu ditunjukkan dengan lembaga negara yang men­gurusi keamanan siber (kamsiber)-nya saja yakni Badan Siber dan Sandi Ne­gara (BSSN) juga belum lama ini jadi korban penjahat siber dengan melakukan deface pada website resminya.

Beberapa lembaga pemerin­tah lainnya juga demikian, misalnya data eHAC dan Pe­duliLindungi yang bocor, dan rangkaian kasus lainnya yang dialami pemerintah menunju­kan bahwa aspek kamsiber di tanah air belum menjadi prioritas.

Melihat adanya potensi dari aspek ketahanan siber di Tanah Air dan menjadi upaya bersama dalam kedaulatan siber melindungi pelaku bis­nis di Indonesia, Telkomsel meluncurkan solusi keamanan siber berbasis layanan Inter­net of Things (IoT).

Guna memastikan keamanan jaringan dan aset perusahaan dalam mempertahankan efek­tivitas dan produktivitasnya, Telkomsel meluncurkan Tel­komsel IoT Sphere, yakni solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindun­gan optimal pada jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi secara kom­prehensif yang dapat men­jaga kinerja dan produktivitas perusahaan.

Baca Juga  Telkomsel Dorong Tiga Pilar Inovasi

Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Ma­nulang mengatakan, Telkom­sel melihat saat ini sudah banyak perusahaan yang semakin mengadopsi beragam teknologi komunikasi berba­sis digital sebagai upaya me­ningkatkan efektivitas dan produktivitas di tengah kon­disi yang begitu menantang.

“Salah satunya dengan mengimplementasikan tek­nologi IoT. Dengan mengha­dirkan Telkomsel IoT Sphere, kami berupaya membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gang­guan berbahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis,” ujarnya melalui jumpa pers daring pada Rabu (24/11).

Solusi yang ditawarkan ope­rator seluler (opsel) pelat merah itu juga diklaim prak­tis karena dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time. Telkomsel IoT Sphere hadir untuk ‘Make IoT Asset Secure, safe, and yet simple’ dengan berbagai fitur unggulannya yang berfokus dalam men­jaga keamanan aset IoT pe­rusahaan.

Baca Juga  Telkomsel Tunggu Restu Pemerintah

Berbagai fitur unggulan ter­sebut meliputi Just on Click, Security and Threats protec­tion, Device Agnostic, dan Routing & Filtering. Fitur Just on Click membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sis­tem monitoring ancaman yang mendetail.

Sementara itu, Security and Threats protection dikatakan merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, mau­pun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform se­cara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Terakhir yakni Device Ag­nostic dan Routing and Filte­ring memungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif dan memungkin­kan pengguna memiliki fleksi­bilitas dalam mengatur konek­si data dengan segmentasi yang komprehensif dan filte­ring system yang kuat sehing­ga keamanan koneksi data tetap terjaga.

Baca Juga  Telkomsel Umumkan Pemenang Hadiah Program Jawara Combo Sakti

“Hadirnya sistem keamanan terintegrasi ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam menghadirkan solusi digital Telkomsel IoT yang lebih me­nyeluruh, sehingga konsumen di segmen enterprise dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tan­pa adanya kekhawatiran se­rangan siber yang dapat me­rusak aset dan mengganggu produktivitas perusahaan,” jelas Alfian.

Berbekal fitur dan keung­gulan yang dimiliki, layanan Telkomsel IoT Sphere diga­dang-gadang menjadi layanan smart security solutions yang dapat diaplikasikan untuk beragam kebutuhan keama­nan oleh lintas sektor industri. Sektor perbankan dapat me­manfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber se­perti phishing maupun anca­man lainnya.

Kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem kea­manan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga kea­manan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sen­sitif, hingga startup dompet digital untuk meningkatkan pengamanan transaksi kon­sumen melalui mesin Elec­tronic Data Capture (EDC). (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *