TP PKK Kabupaten Bogor Lakukan Pembinaan, PKK Desa Sibanteng Wakili Kabupaten Bogor Lomba Tingkat Provinsi

by -

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor meninjau Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, kemarin. Mereka ingin melihat persiapan PKK Desa Sibanteng yang terpilih mewakili Kabupaten Bogor di ajang lomba tingkat provinsi.

KETUA TP PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiah, men­gatakan, Desa Sibanteng ter­pilih menjadi wakil Kabupaten Bogor dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK- Bangga Kencana- Kesehatan dan Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ada tiga kategori yang di­lombakan, yakni Kesatuan Gerak PKK, Lingkungan Ber­sih dan Sehat (LBS) dan Pe­rilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). ”Kita melihat cakupan dari Keluarga Berencana (KB), kesehatan, lingkungan ber­sihnya. Tahun ini kebetulan Desa Sibanteng yang mewa­kili Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Baca Juga  Ratusan Santri Dites Tuberkolosis

Ia menuturkan, timnya akan sering melakukan pembi­naan sebagai bentuk persia­pan lomba. Selain itu, ia juga akan terus berkunjung ke Desa Sibanteng. ”Lomba akan dilaksanakan akhir November 2021. Tapi, jadwal kegiatan tersebut belum dilampirkan pihak provinsi,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini bukan sekadar lomba, namun tentang edukasi terhadap masyarakat. Sehingga terben­tuk masyarakat yang sehat dan lingkungan bersih. ”Kita tentu lebih mengedukasi ke­pada masyarakat tentang KB mantap dan kesehatan ma­syarakat, sehingga tak ada lagi Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Kita ingin ma­syarakat lebih sejahtera,” be­bernya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Sibanteng, Ita, menje­laskan, kedatangan TP PKK Kabupaten Bogor ini sebagai pembinaan dalam tahap-tahap menuju lomba. ”Jadi, kita harus menyiapkan kelom­pok kegiatan (poktan). Alham­dulillah, semuanya bisa mengikuti sehingga mudah-mudahan lancar saat pelaks­anaan,” ujarnya.

Baca Juga  Kreatif saat Pandemi, PKK Mulyaharja Produksi Masker buat Warga

Dalam pembinaan ini, sam­bung dia, apa pun kekurang­an yang ada di Desa Sibanteng segera diperbaiki dan terus dimaksimalkan. ”Kalau ini lebih cenderung pada kese­hatan. Salah satunya tadi ada rumah sehat, itu salah satunya hatinya PKK,” ujarnya.

Lalu, Ketua PKK Kecamatan Leuwisadeng, Ike Selviana, menjelaskan, kegiatan per­lombaan yang ditunggu-tunggu PKK tentu menjadi momentum yang harus se­gera dilaksanakan. ”Ini salah satu even besar untuk PKK itu sendiri. Alhamdulillah, Kecamatan Leuwisadeng ter­pilih mewakili Kabupaten Bogor di bidang Kesra PKK, Bangga Kencana dan Kese­hatan untuk maju ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Ike juga berharap kegiatan ini bukan sekadar untuk pre­stige sebagai juara, tapi agar masyarakat tahu kegiatan PKK itu seperti apa. ”Salah satunya tadi lingkungan bersih, sehat, posyandu dan sebagainya,” tukasnya. (ads/c/els/py)

Baca Juga  Kawasan Goa Gudawang Kurang Perhatian Pemkab Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.