Tunggu Restu Kemenkes, 110 Ribu Anak Usia Dibawah 12 Tahun di Kota Bogor Disasar Dapat Vaksin

by -
ILUSTRASI vaksin anak. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Anak-anak dibawah usia 12 tahun di Kota Bogor nampaknya harus lebih bersabar untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Sebab, meskipun sudah diperbolehkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih harus menunggu surat edaran resmi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-12 tahun.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Sri Nowo Retno. Menurutnya, untuk pelaksanaan vaksinasi anak 6-12 tahun, pihaknya masih menunggu surat edaran resmi dari kementerian.

“(Sampai saat ini) belum ada surat edarannya dari Kemekes,” katanya saat ditemui Metropolitan.id di Jalan RM Tirto Adhi Soerjo, Kota Bogor, Rabu (10/11).

Baca Juga  Libatkan Karyawan hingga Pelanggan, Perumda Tirta Pakuan Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Ia menambahkan, sembari menunggu surat edaran resmi dari Kemenkes, pihaknya memperkirakan ada 110 ribu anak usia 6-12 tahun di Kota Bogor yang menanti vaksinasi.

“Kurang lebih ada 110 ribu anak. Tapi intinya kan kita masih nunggu edaran Kemenkes itu. Nggak bisa akselerasi sendiri walaupin dropping vaksin masih ada. Harus sesuai tahapan dari kementerian,” jelasnya

Ia pun belum bisa memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-12 tahun. Jika nanti sudah turun surat edaran Kemenkes, pihaknya akan melakukan vaksinasi sesuai arahan dari pemerintah pusat.

“Tahun depan? Belum ada info. Ya skema-nya kalau sudah ada edaran Kemenkes ya sesuai arahan saja, misalnya mulai kapan apa pelaksanaan seperti apa,” tandasnya.

Baca Juga  Stok Menipis, Nasib Posko Logistik Bogor Ditentukan Besok

Secara umum, kata dia, capaian vaksinasi sudah menembus 87,5 persen. Pihaknya memaksimalkan vaksinasi door to door dan di berbagai sentra vaksin.

“Sudah 87,5 persen. Sentra vaksin tetap dengan lingkup kami. Lalu kami ke wilayah door to door, menyisir. Kerjasama sama dengan posyandu juga, lalu dengan camat lurah, RT, RW yang mendata,” tukas Retno.

Sebelumnya, pemerin­tah memastikan anak usia 6–11 tahun kini bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Tiongkok, usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merestui pemberian vaksin tersebut.

Namun, anak-anak di Kota Bogor tampak perlu lebih sa­bar untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Sebab, Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor baru akan memberikan vaksin untuk anak-anak usia 6–11 tahun pada 2022 alias tahun depan. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Baca Juga  Panggih Nawangsih Hartanti Harumkan Smpn 1 Dengan Ip

Dedie mengaku Pemkot Bo­gor belum membicarakan rencana vaksinasi anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk tahun ini. Baru akan melaks­anakannya tahun depan.

“Vaksin anak usia di bawah 12 tahun itu Insya Allah tahun depan. Baru akan (terlaksana, red) tahun depan. Belum kita bicarakan untuk tahun ini,” katanya saat ditemui Metro­politan di IIICC Botani Square, belum lama ini. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.