Vaksinasi Jakarta Dosis Dua Capai 100 Persen

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta gencar melakukan vaksinasi Covid-19 dalam mengendalikan pandemi Co­vid-19. Bahkan, vaksinasi dosis 2 sudah mencapai ang­ka 100 persen dari target.

“Berdasarkan data 27 No­vember, sebanyak 8.967.417 orang sudah mendapatkan vaksinasi dosis 2 di Jakarta atau mencapai angka 100,3 persen dari target vaksinasi,” ujar Kepala Bidang Pencega­han dan Pengendalian Penya­kit, Dinas Kesehatan Provin­si DKI Jakarta, Dwi Oktavia, di Jakarta, kemarin.

Dari jumlah 8,96 juta warga yang sudah divaksin dosis 2 tersebut, kata Dwi, sebanyak 6,27 juta atau 70 persen mer­upakan warga ber-KTP DKI Jakarta dan 2,69 juta atau 30 persen merupakan warga KTP non-DKI Jakarta. Sementara jumlah warga yang melakukan vaksinasi dosis 1 sebanyak 11.089.856 orang atau 124,0 persen dari target. ”Dari jum­lah 11 juta warga tersebut, sebanyak 67 persen merupa­kan warga ber-KTP DKI dan 33 persen warga KTP non-DKI,” ungkap Dwi.

Baca Juga  Kejar Target, Vaksinasi Harus Sampai ke Tingkat RT/RW

Dwi mengatakan, pihaknya terus mendorong dan menga­jak warga Jakarta segera mela­kukan vaksinasi Covid-19. Warga bisa langsung ke tem­pat vaksinasi atau mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/ vaksinasi. Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri sekaligus bisa melakukan tes pre-scre­ening online.

“Untuk menemukan tempat vaksinasi, warga juga bisa mengeceknya melalui apli­kasi Google Maps. Hanya dengan menuliskan ’vaksin Covid-19’, warga dapat me­nemukan lokasi serta diban­tu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa Jakarta telah mencapai kekebalan komunitas atau herd immu­nity. Hal ini disebabkan dua hal, yakni laju dan cakupan vaksinasi Covid-19 yang ting­gi serta banyak warga yang telah mendapat kekebalan alami setelah terinfeksi Co­vid-19.

Baca Juga  Vaksinasi Lansia di Bogor Sudah 43,35 Persen

Menurut Anies, kekebalan komunitas ini menjadi salah satu faktor penting yang membuat kasus Covid-19 di Jakarta terkendali. (bs/tob/ suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.