Waduh! Tira Persikabo Dilaporkan eks Pemain ke FIFA

by -

METROPOLITAN – Tira Per­sikabo dilaporkan eks pemain­nya, Alex Goncalves, ke DRC (Dispute Resolution Chamber) FIFA terkait pemotongan gaji sebesar 75 persen pada 2020. Belum lama ini, Alex mengeluh soal situasi yang dialaminya pada saat masih memperkuat Tira Persikabo. Gaji 25 persen yang didapat­nya dirasa terlalu sedikit.

Sampai-sampai, Alex menga­ku tak bisa membiayai sekolah anaknya. Karena tak puas dengan situasi itu, pemain yang kini memperkuat Persita Tang­erang pun melaporkan Tira Persikabo ke DRC FIFA. Tira Persikabo menyayangkan lang­kah yang diambil pemain asal Brasil itu. Laskar Padjadjaran mengklaim bahwa pemotong­an gaji adalah kesepakatan bersama, termasuk sang pemain sendiri.

”Pihak manajemen telah memberitahukan dan me­nyosialisasikan kebijakan klub kepada semua pemain tentang penyesuaian gaji di masa Co­vid-19, mengacu surat kepu­tusan PSSI. Dari sosialisasi itu, semua pemain, termasuk Alex Dos Santos, menyatakan menerima dan sepakat untuk pemotongan gaji,” tulis per­nyataan resmi Tira Persikabo yang menyikapi laporan Alex ke DRC FIFA.

Baca Juga  Jamu Borneo FC, Tira Persikabo Incar Poin Penuh

”Sebagaimana diketahui, da­lam kondisi pandemi Covid-19, mengacu surat keputusan PSSI, klub diperkenankan un­tuk mengevaluasi pembayaran gaji pemainnya. Kebijakan penyesuaian gaji tersebut merupakan salah satu upaya PSSI untuk para pemain dan klub-klub Liga 1 dan Liga 2 agar tetap bisa bertahan walaupun adanya penghentian semen­tara liga dalam rangka pemba­tasan kegiatan masyarakat pada awal pandemi Covid-19,” lanjut pernyataan itu.

Sebagai informasi, PSSI me­mang sempat menerapkan pembatasan gaji maksimal 25 persen saat kompetisi Liga 1 2020 dihentikan setelah cuma berjalan tiga pekan. Ada tiga Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan PSSI terkait pe­motongan gaji. Yakni SKEP48 dan SKEP53 yang masing-masing membatasi nilai gaji sebesar 25 persen dan 50 persen.

Baca Juga  Tugas Berat Laskar Padjajaran

”Manajemen klub Persikabo menyayangkan tindakan Alex Dos Santos Goncalves yang memilih penyelesaian masa­lah ini dengan melaporkan ke Badan Sengketa FIFA melalui pengacaranya Mr. Pedro Macierinha. Pihak Ma­najemen juga sangat kecewa dengan sikap Alex Dos Santos membuat konten di media sosial, yang memperlihatkan seolah-olah manajemen Per­sikabo tidak perhatian terhadap kesejahteraan pemain dan menimbulkan opini negatif dari masyarakat Indonesia,” tulis Persikabo.

”Manajemen klub sampai saat ini tetap berupaya untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pemain. Kami selalu mengedepankan penye­lesaian masalah dengan mu­syawarah agar tidak menim­bulkan kerugian dari pihak mana pun, termasuk kasus Alex Dos Santos,” tandasnya. (dtk/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *