Wagub Minta Guru di Jabar Ajak Siswa ’Ngobrol’ Lima Menit

by -

METROPOLITAN – Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, menekankan pentingnya pendidikan karakter. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Salah satu pe­san yang terkandung dari Nawacita yakni membangun pendidikan karakter. “Inti pendidikan karakter adalah moral dan akhlak yang ber­sumber pada keimanan dan ketakwaan,” kata Uu.

Uu berharap guru dan ke­pala sekolah bukan hanya tanggung jawab melaksanakan bidang studi masing-masing sebagai insan pendidikan Jawa Barat, tapi juga bertang­gung jawab tentang keimanan dan ketakwaan peserta didik.

Uu juga meminta para guru meluangkan waktu sekitar lima menit dari jam belajar untuk berbicara dengan pe­serta didik. Hal ini agar te­naga pendidik dan peserta didik mempunyai keterikatan komunikasi yang erat dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan akhlak yang mem­bentuk karakter.

Baca Juga  Guru SDN Ciheuleut 2 Bina Siswa Kelas VI

“Kita bangga anak Jawa Ba­rat juara matematika, olim­piade fisika dan kimia, te­tapi lebih bangga saat me­reka juara hal semacam itu dibingkai keimanan dan ketakwaan yang bercirikan moral dan akhlak. Karena kesuksesan seseorang bukan hanya tentang edukasi, mo­ral dan akhlak juga sangat menentukan,” tuturnya.

Uu juga berharap para guru mampu menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada negara serta mempunyai rasa ingin me­majukan negara menjadi lebih baik. (*/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.