Waspada DBD, Warga Ciawi Diajak Bebersih

by -

METROPOLITAN – Di musim hujan, banyak sampah tersang­kut di selokan hingga mem­buat genangan. Hal itu me­micu terjadinya sarang jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) bermunculan dan menyerang warga. Namun, banyak warga kurang peduli kebersihan sekitar lingkungan, terutama adanya genangan air tempat bersarangnya ny­amuk aedes aegypti pembawa DBD.

Warga Ciawi, Dedeh, men­gatakan bahwa di musim hu­jan ini warga bersih-bersih dari mulai membersihkan bak mandi, penampungan air atau toren, dan saluran air. Intinya membersihkan tempat bersa­rangnya bibit nyamuk tersebut. ”Kami bersama Pemerintah Kecamatan Ciawi dan desa segera melakukan fogging dan mengumumkan kebersihan kepada warga sekitar,” katanya.

Kepala Puskesmas Ciawi Belinda mengimbau dalam menghadapi musim hujan ini agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan membersihkan tempat-tempat sarang nyamuk aedes aegyp­ti. Di awal November tercatat satu meninggal kasus DBD. Saat ini ada warga yang mela­porkan keluarganya terkena gejala DBD dan dilakukan diagnosis lebih dalam di rumah sakit.

Baca Juga  Satu RT Diserang DBD, Dua Orang Meninggal

Belinda mengajak masyara­kat melakukan gerakan 3M yaitu menguras bak penam­pungan air dalam seminggu sekali, mengubur sampah, dan menggunakan krim antinyamuk beserta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). ”Kami dari puskesmas dibantu para kader jumantik yang sudah dilatih, mengedukasi warga melaku­kan patroli pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga,” tandasnya. (jal/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *