Waspada! Kades Palsu Minta-Minta Pulsa

by -

METROPOLITAN – Kepala Desa (Kades) Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Sap­turi Wijaya, meminta warga tetap berhati-hati dengan mo­dus meminta pulsa dan trans­fer uang lewat pesan WhatsApp (WA).

Aksi pelaku meminta pulsa dan uang kepada warga Cika­rawang dengan cara meng­gunakan gambar diri Kades Sapturi Wijaya. Tidak sedikit juga warga kena tipu dan mengi­rim pulsa ke nomor pelaku penipuan.

Kades Cikarawang Sapturi Wijaya mengaku mendapatkan laporan adanya modus peni­puan dengan mengunakan Display Picture (DP) WA-nya dari warga.

Melihat adanya kejanggalan tersebut, akhirnya warga yang mendapatkan WA dari peni­puan tersebut menanyakan keada sekdes.

Modus penipuan tersebut bermacam-macam. Ada yang meminta pulsa sebesar Rp200 ribu, ada juga yang meminta untuk segera ditransfer dari mulai Rp1–2 juta. ”Kalau yang meminta ditransfer uang, tidak ada warga yang kena tipu. Ada empat warga yang kena tipu lewat pesan WA menggunakan DP saya, yakni minta pulsa,” ujarnya.

Baca Juga  Hasil UMKM Desa Tegal Terkenal se-Indonesia

Adanya aksi tersebut, pi­haknya meminta warga yang mendapat SMS atau WA yang menggunakan DP dirinya agar berhati-hati dan tidak mudah percaya. ”Kita sudah laporkan ke bhabinkamtibmas desa akan adanya penipuan mengguna­kan DP saya. Termasuk mem­beri tahu kepada grup RT dan RW agar tidak mudah percaya akan modus penipuan terse­but,” ungkapnya.

Kapolsek Dramaga Iptu Agus Suryana meminta warga was­pada akan adanya penipuan lewat WA menggunakan DP kades.

Sehingga, warga tidak mudah percaya jika ada WA yang me­minta pulsa dan uang. Untuk memastikan kebenaran ter­sebut, sebaiknya mengecek dahulu kebenarannya dan jangan mudah percaya.

”Kejadian tersebut bukan kali ini saja. Kades Purwasari pernah mengalami hal sama. Ketika dicek, orangnya ada di Surabaya,” pungkasnya. (ads/c/els/run)

Baca Juga  Bermanfaat untuk Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published.